Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Budidaya Tanaman Palem



Palem adalah tanaman hias yang bersifat kosmopolitan, keberadaannya ditemukan di daerah tropis dan subtropis, di dataran rendah dan dataran tinggi, di pegunungan dan di pantai, di tanah yang subur dan tanah gersang. Tanaman ini sendiri dibedakan menjadi 4 jenis yaitu palem putri, palem botol, palem merah, dan palem raja. Untuk melakukan budidayanya sendiri seperti proses pembibitan tergolong gampang-gampang susah apalagi untuk tanaman palem merah yang memiliki kesulitan dalam pemisahan anakan, untuk lebih jelasnya berikut akan dijelaskan bagaimana cara budidaya tanaman palem.
Untuk skala produksi palem diperbanyak dengan biji. Pembiakan melalui anakan memiliki resiko kegagalan bila cara yang benar tidak diterapkan.

Pengadaan bibit/benih dengan anakan:
Di antara ke empat palem yang dibahas hanya palem merah yang menghasilkan anakan. Pemisahan anakan palem merah tergolong sulit dan memerlukan waktu sekitar satu bulan. Anakan palem merah tidak bisa dipisahkan secara mendadak dari pohon induknya. Cara pemisahan terdiri dari  cara:

1. Cara irisan bertahap
o Iris ¼ bagian rimpang anakan dan biarkan selama 10 hari.
o Lanjutkan irisan terdahulu sampai setengah bagian rimpang dan biarkan selama 10 hari.
o Iris kembali sampai ¾ bagian dan biarkan kembali 10 hari. Setelah itu anakan dapat dilepas dari pohon induk.
2. Cara irisan langsung
o Iris rimpang anakan sampai putus tetapi jangan diambil dari rumpun.
o Biarkan irisan rimpang hidup selama beberapa bulan.
o Gali tanah di sekitar anakan itu kemudian angkat dengan cara putaran untuk memudahkan anda.

Pengadaan bibit/benih dengan biji:
Pembibitan dengan biji terdiri atas tahap pengecambahan, dan penumbuhan tunas.
1. Tahap Perkecambahan
Ambil buah tua yang telah jatuh atau buah di pohon yang kulitnya telah berwarna merah atau coklat kehitaman.
Rendam buah ke dalam air kemudian kupas kulitnya beserta daging buahnya dengan cara digosok.
Tiriskan biji dan jemur sampai kering. Biji yang telah kering dapat disimpan sampai setahun dalam wadah yang bersih, kering dan tertutup.
Selanjutnya rendam biji yang telah kering tadi ke dalam air yang mengandung Dithane M-45 (2cc/liter) selama 6-12 jam untuk biji lunak dan 2-3 hari untuk biji keras. Perendaman biji di dalam lumpur selama 4 hari menghasilkan biji yang lebih cepat berkecambah.
Masukkan biji yang telah basah tadi  ke dalam kantung plastik atau polybag untuk merangsang perkecambahan. Semprotkan air ke dalamnya, ikat kantung plastik dan taruh di tempat yang teduh.
Biji akan berkecambah setelah beberapa minggu : palem putri 2-4 minggu, palem merah 2-4 minggu, palem botol 8-16 minggu dan palem raja 2-4 minggu.
Biji yang baru berkecambah disimpan ke dalam wadah yang berisi media mos (gambut) lembab selama 2-3 hari sampai radikula (calon akar) muncul.
2. Tahap Penumbuhan tunas
Siapkan media tanam yang terdiri dari sekam padi, pasir, pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Tambahkan furadan atau Dithane M-45 sesuai dosis dalam kemasan.
Kemudian masukkan media ke dalam pot, polybag atau ember sebanyak 90% dari volume wadah.
Benamkan 1/3 bagian kecambah, letakkan kecambah dengan jarak tanam rapat dan usahakan akar langsung menembus media.
Taburkan selapis pasir di atasnya .
Tutup wadah dengan kerudung plastik bening lalu tempatkan di tempat yang teduh.
Amati 2-3 hari, semprotkan air ke dalam kerudung jika terlihat kering,dan tutup kembali.
Setelah 1,5-3 bulan daun pertama akan tumbuh. Bibit dapat dipindahkan setelah memiliki 2-4 lembar daun.
Langkah penanaman bibit palem dengan biji :
Bibit dengan 2-4 lembar daun sudah dapat ditanam di polibag, pot atau wadah lainnya.
Siapkan media campuran berupa sekam padi, tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1 dan masukkan ke dalam wadah.
Cabut/congkel bibit yang telah mengeluarkan 2 – 4 lembar daun tadi dengan hati-hati, usahakan tangan dan alat harus bersih.
Celupkan akar ke dalam fungisida Dithane M-45 2cc/liter.
Tanamkan 1 bibit ke dalam tiap pot dan tempatkan di tempat yang teduh.
Setiap 1,5 bulan tambahkan pupuk NPK atau pupuk kandang dengan dosis tergantung besar tanaman dan jumlah media (ukuran polibag). Untuk polibag15-20 cm cukup diberi 1 gram/tanaman (1/2 sendok teh).
Kemudian siram bibit tiap hari dan sesuaikan keadaan cuaca.
Pelihara sampai 6-8 bulan. Selama itu keteduhan tempat dikurangi sehingga tanaman dapat beradaptasi dengan terik sinar matahari.
Persiapan penanaman bibit palem dengan anakan :
Persiapan pada palem botol dan palem merah yang ditanam di dalam pot.
Sediakan pot, sebaiknya pot yang digunakan berasal dari tanah liat yang ukurannya sesuai dengan bibit/tanaman palem.
Siapkan media berupa tanah kebun, pasir dan humus/pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1 atau bisa juga dengan menggunakan sekam padi, sabut kelapa dan pasir dengan perbandingan 1:2:1 dengan pH 6,5.
Setelah semua persiapan telah siap selanjutnya tanamkan palem sampai seluruh akar dan 2-3 cm di atas pangkal batang terbenam di dalam tanah. Jika akar tidak terpendam semua, dikhawatirkan pertumbuhan bibit palem akan menjadi lebih lambat.
Selanjutnya siram sampai media pembibitan jenuh air.
Tambahkan kapur dolomit sebanyak 200 gram ke dalam tiap 10 kg media tanam.
Kemudian anakan ditanam ke dalam wadah/media tanam yang telah berisi tanah kebun, pasir dan pupuk kandang  dengan perbandingan 1:1:2 atau bisa juga dengan sekam padi, tanah ladang dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Tambahkan juga Furadan sebelum anakan ditanam, dosis sesuai kemasan yang tertera.

 Langkah Penanaman bibit palem dengan anakan:
Tentukan Pola Tanam : Pola tanam palem botol dan merah biasanya ditanam secara individual jadi jarak tanam tidak menjadi masalah. Selain ditanam di halaman secara individu, palem putri dan raja juga sering dipakai sebagai pohon penghias sisi jalan . Jarak tanam untuk kedua palem tersebut antara 2,5-3 m.
Buat Lubang Tanam : Lubang tanam disiapkan 2 minggu sebelum palem di tanam. Buat lubang tanam  dengan ukuran 30 x 30 x 30 cm untuk tanah berpasir dan 50 x 50 x 50 cm untuk tanah liat. Jika tanaman yang akan ditanam sudah besar, lubang tanam disesuaikan dengan luasnya perakaran.
Cara Penanaman : Masukkan tanaman ke lubang tanam dan timbun akar sampai pangkal batang . Padatkan tanah di sekitar batang.
Pemeliharaan Tanaman :
1. Pemupukan : Dosis pemupukan tergantung umur tanaman:
Pemupukan anorganik : pada tanaman palem putri dan palem raja yang telah berukuran 3 m memerlukan 3-5 kg NPK. Palem berukuran 2-3 m memerlukan 1-2 kg NPK dan palem kecil berukuran kurang dari 2 m memerlukan 0,5-1 kg NPK. Frekuensi pemupukan anorganik 2-3 kali dalam setahun.
Pemupukan organik : pada tanaman palem putri dan palem raja yang telah berukuran 3 m memerlukan 5-15 kg pupuk kandang. Palem berukuran 2-3 m memerlukan 2,5-5 kg dan palem kecil berukuran kurang dari 2 m memerlukan 1-2,5 kg. Frekuensi pemupukan organik adalah 2-4 kali dalam setahun.
Pengairan dan Penyiraman : meskipun dapat bertahan pada kondisi tanah yang kurang baik, kekeringan dapat membuat daun palem menjadi kusam dan kehilangan kilau. Inti dari penyiraman tanaman palem adalah menjaga media tanam tidak terlalu kering. Lakukan penyiraman minimum sehari sekali pada pagi atau sore hari. Pastikan air siraman tidak menggenangi media tanam.

Demikian langkah-langkah pembudidayaan tanaman palem. Bagi anda yang berminat untuk membudidayakannya untuk dijadikan tanaman hias di rumah anda, kami menyediakan bibit yang siap tanam. Jadi anda tidak perlu repot-repot untuk proses pengadaan bibit. Untuk info lebih lanjut hubungi kontak kami.

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

21 comments

January 30, 2014 at 10:47 PM

palem ini sangat cocok ditanam di depan rumah pinggir jalan, saya juga menanam palem washington di depan rumah yg jika dilihat benar2 menyenangkan :)

February 1, 2014 at 4:59 AM

selamat malam sob :)
artikelnya sangat bermanfaat sekali dan jelas sekali cara membudidayakan palem

February 1, 2014 at 6:49 PM

mantap mas cara merawat bibit sawit yang benar tu cemana mas by http://healthtozone.blogspot.com/

February 1, 2014 at 7:25 PM

iiznn lewat mass

February 1, 2014 at 9:09 PM

wah bisa buat recomnded nih.. makasih informasinya :D

February 2, 2014 at 4:42 AM

kalo jenis palem merah..harganya lumayan ya mas :)

February 2, 2014 at 5:58 AM

Terima kasih untuk informasinya. Palem memang patut untuk di budidayakan, apalagi tanaman ini mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi.

February 2, 2014 at 5:57 PM

nice share gan ;)

February 2, 2014 at 10:24 PM

banyak juga ya jenis tanaman palem. terimakasih tipsnya

February 4, 2014 at 8:13 AM

@Indri Lidiawatitanaman palem washington memang bagus mbak, tetapi memerlukan lahan yg lbh luas, karena ukuran batang yg lbh besar..

February 4, 2014 at 8:13 AM

@sopyan nurcahyanaTerima kasih atas kunjungannya...

February 4, 2014 at 8:14 AM

@Muhammad Iqbal AzhariMonggo mas...

February 4, 2014 at 8:14 AM

@Mawan CradlezSama2 mas, terimakasih juga atas kunjungannya...

February 4, 2014 at 8:15 AM

@Purnomo JrMemang harga tanaman ini cukup lumayan, tetapi sebanding dengan keindahannya... :D

February 6, 2014 at 6:49 PM

saya suka tanaman palem. dulu pernah ada di depan rumah tapi sekarang udah mati.. kena banjirr...
okelah saya simpan tips ini :)

February 16, 2014 at 8:13 AM

saya sedang menanam kurma, apakurma jenis palem? bisakah kurma berbuah di Indonesia?

February 18, 2014 at 7:54 PM

@Dwi AlfinaSama-sama mas, terimakaih juga atas kunjungannya....

February 18, 2014 at 7:55 PM

@Achmad FazriIya mas, terimakasih juga atas kunjungannya...

February 18, 2014 at 8:04 PM

@Yulita Widya.NIya mba terimakasih atas kunjungannya, semoga membantu :-)

February 18, 2014 at 9:34 PM

@Imam SujaswantoSama-sama mas, terimakih juga berkunjung....

Post a Comment