Search

Loading...

Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Pisang ambon dan jenis jenis pisang komersil lain

 Jenis-Jenis pisang komersial

Pisang Komersil dimaksud adalah jenis-jenis pisang yang memiliki permintaan yang tinggi di pasar. Pisang-pisang komersial tersebut memiliki  rasa yang diminati  konsumen. Berikut beberapa Jenis Pisang komersial ini berdasarkan sifat buah dan Kegunaanya.









1. Kelompok pisang raja

Pisang raja memiliki beragam Jenis yang tumbuh  diberbagai wilayah di Indonesia  dan menjadikan pisang unggulan. Pisang raja yang sangat terkenal adalah pisang raja bulu, yang dapat menjadi buah meja dan olahan. Jenis pisang raja bulu sangat cocok  untuk membuat  bolen pisang atau ledre. Pisang raja bulu memiliki diskripsi sebagai berikut:
a.    Umur tanam sampai panen         : 10-12 bulan 
b.    Umur berbunga sampai panen    : 2,5-3  bulan
c.    Bobot tandan                             : 10-12 kg       
d.    Jumlah sisir per tandan               : 5-8 sisir
e.    jumlah  rata-rata buah per sisir    : 13-15 buah
f.    Panjang buah                              : 13-17 cm
g.    Diameter buah                            : sekitar 4,50cm
h.    Bobot per buah                          : 170-180 gram
i.    bentuk buah                                 : silindris melengkung
j.    Warna daging buah                       : kuning kemerahan
Jenis pisang raja di Indonesia sangat beraneka ragam, di antaranya adalah pisang  raja sere (Purworejo), pisang raja lawe (Banjarnegara), pisang raja uli (Malang), pisang raja jambe (Malang), pisang raja dongkel  (Bantul), pisang  raja nangka (Yogyakarta), pisang raja tawi (temanggung), pisang raja wiingi(Purworjo), pisang raja gintung (Temanggung), pisang raja goreng (Temanggung), pisang raja seribu (Surakarta), pisang raja susu (Gunung Kidul), pisang raja entong (Purworjo), pisang raja pulut (yogyakarta), pisang raja sabrang (Kulo Progo), pisang raja slamet (Sleman), pisang raja molo (Malang), pisang raja polo (Purworjo), dan lain-lain
Tanaman Pisang Raja sebagian besar berasal dari Jawa Tengah, yogjakarta, dan Jawa Timur, tetapi saat ini sudah tersebar diseluruh Indonesia seperti pisang raja bulu merah yang memiliki nilai  jual yang baik karena memiliki daging buah berwarna kuning oranye kemerah-merahan

2.  Kelompok pisang ambon

Pisang ambon dapat dibedakan dalam dua jenis. pertama, pisang ambon lumut. Cirinya adalah ketika mateng kulitnya berwarna hijau atau hijau kekuningan. Daging buahnya berwarna putih kemerahan,Meniliki rasa manis dan aroma cukup kuat. Satu tandan pisang ambon hijau bisa mencapai 7-12 sisir, setiap sisir rata-rata mempunyai 17 buah. Panjang pisang ambon lumut sekitar 20 cm dengan diameter sekitar 4 cm. Kulit buahnya tipis. Pisang ini termasuk jenis pisang yang cepat berbuah karena umur setahun sudah mampu menghasilkan buah. Pisang ambon lumut cocok sebagai buah meja yang bisa langsung dimakan,selain itu dapat diolah menjadi pisang sale, sari buah, pure, dan selai.
Kedua, pisang ambon kuning, jenis pisang ambon ini ketika mateng berwarna kuning keputihan dan daging buah berwarna putih kekuningan. Rasanya manis memiliki aroma harum yang kuat. Pisang ini biasa digunakan sebagai makanan tambahan untuk bayi. Setiap tandan bisa diperoleh 8-14 sisir dengan jumlah buah per sisir sekitar 18 buah. Panjang buahnya sekitar 20 cm dengan diameter rata-rata 3-4 cm Bentuk buah melengkung. Pisang ambon putih, juga dapat diolah menjadi selai, sari buah, dan sale pisang.
Beberapa kultiver pisang ambon antara lain, pisang ambon lumut (Temanggung), pisang ambon warangan (Kulon progo pisang ambon putih (Gunung kidul),), pisang ambon emprit (Purworjo), pisang ambon kecil (Malang),.


3.  Kelompok pisang mas

Pisang mas memiliki ciri yang berbeda dengan pisang lainya, buahnya kecil dengan panjang sekitar 10 cm. bentuk buah silinder, ujung buahnya runcing , dan kulitn berwarna kuning keemasan. Panjang tandan buah sekitar 40 cm, jumlah sisir per tandan 5-7 sisir. Jenis pisang ini berbunga sekitar  umur 12 bulan dan masak 3,5 bulan dari keluar bunga. Pisang yang termasuk dalam kelompok pisang mas adalah pisang lampung, pisang susu, pisang muli, pisang mas bunga, pisang seribu, pisang mas bali, pisang mas kirang dan lain-lain.
Jenis tanaman  pisang  mas yang terkenal adalah  pisang mas kirana, Budidaya pisang Mas Kirana banyak ditemukan di wilayah Lumajang, Jawa Timur. Pisang ini memiliki keunggulan karena ukuran buahnya sedang, sangat sesuai untuk dikonsumsi setelah makan. Pisang ini menjadi pilihan para pengelola catering dan lestoran. Warna buahnya menarik, rasanya manis dan segar dengan tekstur yang renyah. Karakter buah pisang mas kirana adalah sebagai berikut.
a.    Produksi (kg/tandan)               : 11-13 kg
b.    Jumlah sisir per tandan             : 15-23 sisir
c.    Jumlah buah per sisir                : 22-25 buah
d.    Bentuk buah                            : silindri- kurus
e.    Warna daging buah mentah       : putih kekuningan
f.        Warna daging matang            : kuning
g.    Matang optimal                         : 4 hari setelah petik tua
h.    Ketahanan simpan                     : 3-6 hari setelah matang
i.        Kulit buah                              : tipis
j.        Rasa buah setelah matang       : manis
k.    Aroma                                      : harum lembut



4.  Kelompok pisang kapok

Pisang kapok sangat cocok sebagai pisang olahan. Pisang kapok yang terkenal ada 2 jenis, kapok kuning dan kapok putih. Keduanya memiliki perbedaan pada warna daging buah. Pisang kapok kuning lebih disukai konsumen. Kulit buahnya tebal, daging buahnya berwarna kuning bila mateng. berikut diskripsi tentang pisang Kepok.
a.    Panjang tandan buah                       : 30-60 cm
b.    Jumlah sisir per tandan                     :5-9 sisir
c.    Jumlah rata-rata buah per sisir         : 10-20 buah
d.    Berat tiap tandan                            : 14-22 kg
e.    Umur Tanaman sampai panen         : 14 Bulan
f.    Bentuk buah                                   : segitiga dan segiempat
g.    Daging buah                                   : berwarna putih kekuningan-kuningan
Kelompok pisang kapok mempunyai banyak kultivar, antara lain pisang kapok ungu (Bantul), kapok lumut (bantul), kapok grandel (Gunung  Kidul), dan lain-lain. ada bebarapa pisang kepok yang tidak memiliki jantung antaralain  pisang kapok unti sayang ( Sulawesi Selatan) dan pisang kapok tanjung. Setelah pembentukan buah selesai, jantung  ini mengering dan tidak tersisa sehingga tidak ada jantung pisang yang biasa kita lihat pisang-pisang yang lain. Sebab itu, pisang tersebut disebut pisang tanpa jantung. Pisang kapok Tanjung  dirilis pada tahun 2007 oleh Kementrian Pertanian. Nama tanjung  merupakan singkatan  dari tanpa jantung.  Karena tanpa jantung, dalam pembudidayakannya tidak lagi menbutuhkan pekerjaan memotong jantung pisang sehingga mencegah penularan penyakit layu bakteri secara alami.
Pisang kapok sebelumnya memiliki  jumlah sisir per tandan hingga 17 sisir, jumlah buah persisir antara 13-18 buah,. Cita rasa daging buah pisang ini manis dan merupakan pisang olahan. Daya pisang Kepok sekitar 10 hari di dalam ruangan

5.  Pisang cavendish

Pisang cavendish sering disebut pisang ambon putih. Pisang ini memang bisa dimasukkan kedalam  kelompok pisang ambon. Tetapi karena nilai komersialnya,  pisang ini di dibicarakan sendiri. Pisang ini sangat populer di dunia sebagai pisang meja.
Tanaman pisang cavendish memiliki batang yang tingginya 2,5-3 meter seperti pisang ambon. Panjang tandan 0,6-1 meter dengan berat 15-30 kg, tiap tandan terdiri dari 8-13 sisir, dan tiap sisir terdapat 12-22 buah. Daging buahnya berwarna putih kekuningan, rasanya manis agak asem, dan lunak. Kulit buahnya berwarna hijau kekuningan sampai kuning halus. Umur panen 3-3,5 bulan sejak keluar jantung. Pisang cavendish bisa tumbuh didataran rendah hingga ketinggian 1.500m dpl. Pisang ini mulai berbuah pada umur 9 bulan setelah tanam sehingga dapat dipanen pada umur 12 bulan setelah tanam
Pisang cavendish dikomsumsi oleh 80% komsumen pisang diluar negeri. Pisang ini merupakan salah satu jenis pisang yang di budidayakan secara komersial di Indonesia. Di lampung, terdapat perkebunan pisang cevendish. Pisang ini berasal dari Brasil dan masuk kedalam Indonesia pada tahun 1990an.

6.  Kelompok pisang tanduk

Pisang tanduk merupakan pisang olahan. Pisang ini berasal dari Sukabumi , Jawa Barat. Pisang tanduk berukuran besar panjang dan melengkung seprti tanduk. Jumlah sisir  pisang  tunduk cenderung sedikit bila dibanding jenis pisang lainnya. Diskripsi pisang tanduk sebagai berikut.
a.    Tinggi pohon                                 : 3 meter
b.    Lingkar batang                              : 63-69 cm
c.    Panjang tandan buah                     : 50-60 cm
d.    Jumlah sisir per tandan                  :1-5 sisir
e.    Rata-rata jumlah buah per sisir      : 10 buah
f.       Rata-rata berat buah                  : 300 gram
g.    Kulit buah                                    : kuning kemerahan berbintik cokelat
h.    Warna daging buah                       : merah kekuningan
i.       Rasa daging buah                       : manis sedikit asem
j.       Aroma                                       : kuat


Pisang yang termasuk pisang tanduk adalah pisang byar, pisang agung , pisang galek, pisang karangyunan, pisang kapas, pisang candi, dan pisang nangka. Pisang nangka dan pisang agung adalah yang lebih terkenal.

7.  Kelompok pisang uli

Pisang uli adalah salah jenis pisang raja yang berasal dari Bogor. Dalam kelompok pisang uli,dikenal beberapa kultivar  seperti pisang jari buaya, pisang janten, piaang lidi,,  dan  pisang ampyang. Pisang uli mempunyai bentuk pisang bulat panjang dengan ujung meruncing. Kulit buahnya tipis berwarna kuning kemerah-merahan dengan ujung hijau. Daging buahnya berwarna kuning kemerahan, rasanya manis, beraroma harum. Panjang tandan  sekitar 1,5 M, merunduk, dan berbulu halus. jumlah sisir per tanda 4-8 sisir. buahnya dapat diolah menjadi tepung, keripik, puree, atau cuka

8. Pisang barangan

Pisang barangan berasal dari medan dan sangat populer sebagai pisang meja. Ada dua jenis pisang barangan, yaitu pisang barangan merah dan pisang barangan kuning. Pisang barangan merah diunggulkan sebagai buah meja karena sangat manis, beraroma harum dan tidak berbiji. disebut barangan merah karena buahnya berwarna kuning kemerahan. Sementara barangan kuning, kulitnya agak tebal,  berwarna kuning cerah dengan sedikit bintik cokelat. daging buahnya putih kekuningan dengan rasa agak manis  dan sedikit asem. pisang barangan mempunyai berat per tandan sekitar 15 kg,  setiap tandan memiliki 8-12 sisir, dan setiap sisir menpunyai 12-20 buah.

bibit pisang cavendish | bibit pisang ambon | buah pisang ambon |bibit pisang raja | bibit pisang kepok | manfaat buah pisang | khasiat buah pisang | bibit pisang kulturjaringan | harga buah pisang | kandungan buah pisang | olahan pisang | bibit ambon | bibit cavendish | jual pisang cavendish | suplyer pisang | pengepul pisang | bibit raja bulu | anakan pisang | pengembangan cavendish | pisang tanduk | masa panen pisang | penghasil pisang | penyakit pisang | cara mengobati pisang sakit | obat virus pisang | budidaya pisang | perawatan pisang | pupuk pisang | pemeliharaan tanaman | ambon wulan | ambon putih | raja bulu | pisang unggul | keunggulan pisang ambon | keunggulan pisang raja | keunggulan pisang cavendish | pisang mas kirana | pasar pisang | pemetikan buah pisang | pemasaran buah pisang | pembungkus pisang | olahan pisang | kulit pisang | bonggol pisang |budidaya pisang | jual bibit pisang cavendish | jual pisang ambon



   


Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

Post a Comment