Cari

Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Bibit Jambu Air Citra Kualitas SUPER

Jambu Air Citra

Jambu air citra merupakan salah satu varietas jambu air yang sangat terkenal dikalangan masyarakat Indonesia. Jambu air ini memiliki bentuk menyerupai seperti lonceng, bagian pangkalnya kecil dan bagian ujungnya melebar dan berkelopak. Memiliki ukuran buah yang besar hingga berbobot 300 gram atau seukuran aqua gelas, daging buahnya tebal, bertekstur renyah, dengan kadar air yang tinggi serta tanpa biji, dan memiliki rasa yang manis segar. Karena dengan kesegarannya jambu air citra ini baik di konsumsi sebagai buah meja, atau dapat dibuat olahan makanan seperti rujak maupun manisan. Keunggulan lain dari jambu air citra ini, adalah bersifat genjah atau dapat dipanen 3 kali dalam setahun, sehingga sangat cocok untuk di budidayakan. Selain itu, tanaman jambu air citra juga cocok di tanam di dalam pot (Tabulampot).


Ternyata, jambu air citra memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang sangat baik untuk merawat keremajaan kulit. Selain itu, daging buahnya juga mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan mata. Berkat adanya kandungan air yang melimpah jambu air citra ini bisa menyegarkan badan dan menurunkan suhu badan yang cenderung panas.
Tanaman jambu air citra ini dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah hingga ketinggian sampai 1000 mdpl. Tanaman jambu air citra ini juga tergolong memiliki ketahanan yang sangat bagus terhadap hama ulat, hama penggerek batang, maupun jamur daun. Selain itu, perawatan tanaman jambu air citra juga tergolong mudah.

Manfaat jambu air citra bagi kesehatan tubuh manusia, diantaranya:
  1. Mencegah dehidrasi. 
  2. Menyehatkan mata. 
  3. Meremajakan kulit. 
  4. Melancarkan sistem pencernaan. 
  5. Mencegah kanker. 
  6. Mengatasi diabetes. 
  7. Mengatasi racun dalam tubuh. 
  8. Menjaga kesehatan jantung. 
  9. Meningkatkan sistem imunitas. 
  10. Menyehatkan tulang. 
  11. Anti oksidan. 
  12. Menyehatkan ibu hamil. 
  13. Menghambat penuaan dini. 
  14. Menurunkan kolesterol. 
  15. Mencegah kanker payudara. 

Adapun syarat-syarat agar tanaman jambu air citra dapat berbuah cepat dan lebat, yaitu sebagai berikut:
  1. Harus memenuhi syarat tumbuh tanaman. 
  2. Bibit jambu air citra yang digunakan harus berkualitas. 
  3. Pengolahan media tanam yang tepat. 
  4. Teknik penanaman. 
  5. Pemupukan Penanaman. 
  6. Pengendalian hama dan penyakit. 
  7. Panen. 
Berikut ini syarat agar tanaman jambu air citra dapat tumbuh, yaitu:
  1. Tanah.
    Kondisi tanah andosol dan grumosol sangat cocok untuk pertumbuhan dan perkembangan jambu air citra. Jambu air citra yang tidak ditanam pada tanah yang andosol dan grumosol sebenarnya bisa di perbaiki strukturnya dengan perubahan pupuk organik agar unsur kimia dan fisik tanahnya dapat berubah. 
  2. Iklim dan curah hujan.
    Jambu air citra dapat tumbuh dengan kondisi lingkungan tropis. Adapun curah hujan sedang menjadi penanda tanaman ini dapat tumbuh dengan baik. Biasanya jambu air citra yang ditanam di daerah yang memiliki curah hujan sedang akan menghasilkan buah yang manis dan tidak mengandung air yang banyak. Sedangkan jambu air citra yang ditanam di wilayah yang curah hujannya tinggi, makas rasa manisnya akan hilang dan lebih banyak mengandung air. 
  3. Ketinggian Tempat.
    Ketinggian tempat pada penanaman jambu air citra ini sangat penting karena mempengaruhi kondisi penyinaran matahari selama masa pertumbuhan dan perkembangan. 
Tahapan-Tahapan dalam penanaman jambu air citra, adalah sebagai berikut:
  1. Pemilihan Bibit.
    Pilihlah bibit yang memiliki kualitas terjamin. Bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif (okulasi/stek) memiliki pertumbuhan dan berbuah lebih cepat dibandingkan dengan bibit yang berasal dari generatif (perbanyakan dari biji). Bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif membutuhkan waktu 2-3th untuk berbuah. Dan bibit yang berasal dari perbanyakan generatif membutuhkan waktu 7-10th untuk berbuah. 
  2. Pengolahan media tanaman yang tepat.
    Jarak tanam yang ideal untuk budidaya jambu air citra adalah dengan kerapatan tanaman 4 x 3 meter atau 4 x 4 meter. Dan jangan lupa bersihkan lahan yang akan digunakan dari gulma atau tanaman liar lainnya. Serta gemburkan tanah yang akan akan digunakan untuk menanam. 
  3. Teknik Penanaman.
    Lubang tanam yang bisa Anda gunakan yaitu berukuran 60 x 60 x 60 cm dengan kedalaman lubang 40cm. Kemudian masukkan pupuk kandang atau kompos ke dalam lubang tanam dengan takaran sekitar 10-15kg/lubang tanam. Lalu biarkan selama 1-2 minggu. Setelah itu, masukkan bibit jambu air citra ke dalam lubang tanam. Masukkan sejajar dengan permukaan tanah dan lakukan secara perlahan dan berhati-hati. Kemudian tutup lubang dengan tanah lapisan atas kemudian padatkan dan ratakan. 
  4. Pemupukan Tanaman.
    Waktu yang tepat untuk melakukan pemupukan pada tanaman jambu air citra adalah pada awal musim penghujan. Pemupukan sangat diperlukan karena untuk menambah ketersediaan unsur hara pada tanah dan meningkatkan kesuburan tanaman. Jenis pupuk yang bisa digunakan adalah pupuk organik maupun pupuk kimia.
    Pada saat tanaman berumur 1 tahun berikan pupuk NPK sebanyak 250-500 gram/tanaman. Saat tanaman berumur 2 th maka berikan pupuk NPK sebanyak 1kg/tanaman. Dan saat tanaman usia 3th maka berikan pupuk NPK sebanyak 1,5kg/tanaman.
    Cara pemberian pupuk adalah dengan sistem rorak atau selokar yang melingkari tanaman jambu dengan kedalaman sekitar 10-15 cm. Kemudian taburkn pupuk dengan merata kedalam rorak lalu tutup kembali dengan tanah. 
  5. Pengendalian Hama Penyakit.
    Hal ini bertujuan untuk memastikan tanaman mampu menghasilkan buah jambu dengan kualitas yang tinggi tanpa mengalami pembusukan, rasa hambar dan kecacatan bentuk. Untuk mencegah serangan hama dan penyakit lakukan penyemprotan secara rutin dengan menggunakan pestisida dan inteksida. 
  6. Pemanenan.
    Buah jambu air citra yang sudah siap dipanen setelah memasuki umur 2,5-3th.





















































Kata Terkait:
Bibit jambu air citra|bibit jambu air citra super|bibit jambu air citra unggul|bibit jambu air citra berkualitas|bibit jambu air citra super berkualitas|jual bibit jambu air citra|jual bibit jambu air citra super|jual bibit jambu air citra berkualitas|jual bibit jambu air citra super unggul|manfaat jambu air citra|manfaat jambu air citra bagi kesehatan|budidaya jambu air citra|tahapan-tahapan budidaya jambu air citra|cara budidaya jambu air citra|berikut ini keunggulan jambu air citra|harga bibit jambu air citra|keunggulan jambu air citra|syarat tumbuh tanaman jambu air citra

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

Post a Comment