Cari

Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Langkah-langkah Agar Tanaman Durian Cepat Berbuah

Diantara sekian jenis tanaman buah yang ditanam di pekarangan, tanaman buah durian lah yang tergolong paling menjengkelkan bagi para pemiliknya. Umumnya, alasannya karena lamanya menunggu tanaman durian tersebut berbuah. Tanaman durian akan mulai berbuah pada umur 4-5 tahun namun dalam proses pembudidayaanya buah durian ini dapat dipercepat masa berbuahnya jika menggunakan bahan tanam hasil perbanyakan vegetatif. Teknik-teknik yang biasa dan paling banyak di pakai adalah okulasi atau penyambungan. Namun ada juga beberapa faktor mengapa tanaman buah durian lama dalam proses berbuahnya bahkan terkadang sulit untuk berbuah. Faktor tersebut harus benar-benar diperhatikan, agar tanaman durian yang Anda tanam tidak sia-sia dan menghasilkan buah yang berkualitas serta banyak. Apa saja faktor tersebut? Berikut penjelasannya
1. Kurang Sinar Matahari
Setiap tanaman membutuhkan fotosintesis. Maka, tanaman mutlak memerlukan sinar matahari. Begitu juga dengan durian yang membutuhkan sinar matahari penuh, yakni selama 8 - 12 jam sehari. Jika kebutuhan sinar matahari kurang pada tanaman durian, maka pertumbuhan vegetatif dan generatif tanaman akan terganggu. Tempat yang ideal untuk budidaya tanaman durian biasanya adalah daerah yang memeiliki intensitas penyinaran matahari sekitar 40-50% (Bernardinus, 2006: 10). Intensitas sinar matahari di dataran rendah lebih kecil daripada di dataran tinggi, namun waktu penyinaran di dataran rendah lebih lama. Semakin rendah intensitas sinar matahari yang diterima, tanaman memerlukan waktu lebih lama untuk melakukan proses fisiologis sehingga perubahan karbohidrat dalam buah menjadi gula semakin sulit dilakukan.
2. Jenis dan Kesuburan Tanah
Jenis tanah yang cocok untuk durian adalah jenis tanah grumosol dan ondosol. Tanah yang memiliki ciri-ciri warna hitam keabu-abuan kelam, struktur tanah lapisan atas bebutir-butir, sedangkan bagian bawah bergumpal, dan kemampuan mengikat air tinggi. Dan keasaman tanah yang cucuk untuk durian adalah (pH) 5 – 7, dengan pH optimum 6 – 6,5. Dan juga tanah lempung berpasir yang gembur dan banyak mengandung unsur hara. Jika tanah di pekarangan terlalu liat, akar tanaman biasanya susah berkembang. Alhasil, pertumbuhan tanaman menjadi lambat.
3. Kedalaman Lapisan Tanah
Durian termasuk tanaman berakar tunggang yang dapat menembus lapisan tanah hingga kedalaman dua meter atau lebih. Lapisan tanah yang dangkal menyebabkan durian tidak bisa tumbuh optimal, tanaman biasanya pendek, daunnya jarang, tidak berbuah, daun menguning, kemudian lama-kelamaan akan mati. Akar durian mampu menembus tanah sampai ke dalaman 3 meter, maka dari itu untuk lokasi idealnya dipilih daerah yang memiliki kedalaman air tanah sekitar 50 – 300 cm.
4. Umur dan Bibit Asal Tanaman
Waktu berbuah durian tergantung umur tanaman. Tanaman yang berasal dari biji, mulai berbuah pada umur 10—12 tahun. Dan untuk tanaman durian dari hasil okulasi, biasanya akan berbuah pada umur 8 tahun. Untuk durian unggul, bisa berbuah pada umur 5 tahun.
5. Pengairan dan Musim
Durian termasuk tanaman yang masa berbuahnya tergantung musim. Umumnya, tanaman durian mengeluarkan bunga setelah mengalami masa kering dua bulan atau lebih dan mendapat masa basah berturut-turut minimum sekitar satu bulan. Untuk itu pada saat tanaman berbuah penyiraman dilakukan 1 – 3 kali seminggu di musim kemarau. Kekurangan air pada tanaman durian akan mengakibatkan kerontokan buah. Penyiraman paling baik dilakukan pada pagi hari.
6. Penyerbukan
Adakalanya durian yang ditanam di pekarangan berhasil mengeluarkan bunga, tetapi gagal membentuk buah. Tidak semua bunga bisa menjadi buah karena bunga durian mekar pada sore sampai malam hari sehingga tidak banyak serangga penyerbuk.Selain itu juga tidak semua bunga durian muncul secara bersamaan, padahal penyerbukan berhasil jika serbuk sari dan kepala putik harus matang secara bersamaan.Oleh karena itu perlu dilakukan penyerbukan buatan, caranya sapukan kuas halus pada bunga mekar pada malam hari. Untuk memaksimalkan kualitas dan kuantitas, sebaiknya dalam satu areal penanaman tidak hanya satu jenis varietas tertentu, tetapi dicampur dengan varietas yang lain.
7. Kekurangan Unsur Mikro
Tanaman durian yang kekurangan unsur mikro, seperti Zn, Fe, Mg, dan Ca menyebabkan pertumbuhannya terhambat atau enggan berbuah.
Demikian artikel tentang cara agar tanaman buah Durian cepat berbuah, Anda tentunya bisa memperaktekan sendiri di pekarangan masing-masing. Untuk info pengadaan bibit, kini tak usah khawatir. CV Mitra Bibit telah menyediakan bibit buah durian yang telah siap tanam dan tentunya dengan kualitas yang tidak siragukann lagi.

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

29 comments

March 19, 2014 at 7:53 PM

agar pohon durian cepat berbuah maka harus dipastikan mendapat cukup sinar matahari ya.

March 19, 2014 at 11:51 PM

Wonosobo juga banyak yg nanam duren, thanks...:)

March 20, 2014 at 5:11 AM

Hmm.. Ternyata seperti itu cara agar durian cepat matang .. trimakasih banyak ... Bermanfaat sekali artikel ini untuk petani durian .. :)

March 21, 2014 at 2:55 AM

kalau saya malahan tidak mempunyai pohon duriannya, tapi nanti saya coba tanam deh, khan ada tipsnya di sini agar durian cepat berbuah... terimakasih sob..

March 24, 2014 at 11:09 PM

untuk daerah kendari harga berapa per pohon..?

April 5, 2014 at 5:22 PM

apa daerah panati bsa ditanam duren gan

July 3, 2014 at 3:03 AM

daerah bangkalan bisaa?

July 8, 2014 at 8:53 AM

tergantung kontur tanahnya sob, sobat bisa lihat di syarat2 tumbuh tumbuhan durian pada artikel sebelumnya.

July 18, 2014 at 3:05 PM

Dikebon aku uda berbuah tpi sedikit paling 5-10 doang.. kalo dri tanah memang tanah merah tpi deket kolam ikan juga sekitaran sawit, mohon solusinya biar buahnya bisa banyak???

July 19, 2014 at 6:17 AM

itu umur pohon udah berapa tahun?
apakah ada sistem drainasenya? mungkin karena pohon terlalu dekat dengan kolam jadi untuk proses berbuah sedikit, karna untuk tanamn durian sendiri sangat peka (busuk) terhadap air.

August 18, 2014 at 10:35 AM

Saya punya 10 pohon durian tapi dalam 2 thn ini tdk berbuah. Bagaimana solusinya ya agar pohon durian saya bisa beebuah lagi?
Usia pohon antara 5-8 thn.

October 27, 2014 at 6:11 AM

terima kasih atas pengetahuan dan sarannya krn sangat berguna bagi kami

October 27, 2014 at 7:02 AM

@ibnu rusdi,s.pdIya sama-sama, senang bisa membantu sobat dengan menambah pengetahuan sobat.

Salam sukses.

December 6, 2014 at 5:47 AM

Mantap mas artikelnya

December 7, 2014 at 7:14 PM

@Taufiqiya gan, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat buat agan.

January 7, 2015 at 4:24 AM

Tambahan ilmu mas.. Terima kasih Infonya Bibit Durian Bawor

January 7, 2015 at 4:26 AM

Tank u menambah wawasan budidaya durian
Durian Musang King Durian

January 20, 2015 at 8:25 PM

thank agan infonya bermanfaat sekali :)

February 23, 2015 at 7:52 PM

Tanks atas infonya bro

April 20, 2015 at 5:18 AM

Pohon Durian saya sudah berusia ± 20 tahun, sehat dan tinggi menjulang, tapi sayang belum pernah berbuah, gimana caranya agar bisa berbuah selain tips di atas...thx, jbu

July 19, 2015 at 8:48 PM

Kalau Di bangka, apa cocok untuk menanam durian?

August 2, 2015 at 5:28 AM

Bagaimana utk mengawetkan buah durian agar tahan lama

August 4, 2015 at 9:45 PM

ada tips menggunakan bahan kimia untuk memeprcepat pohon durian cepat berbuah pak?

October 16, 2015 at 10:34 AM

tips tanaman durian yang baik dan boleh dimanafaatkan oleh penggemar durian.

October 16, 2015 at 10:35 AM

tips tanaman durian yang baik dan boleh dimanafaatkan oleh penggemar durian.

Anonymous
February 11, 2017 at 5:29 PM

waah sy jadi tertarik menanam durian,sekitar berapa harga bibitnya ?

February 13, 2017 at 5:11 AM

Mohon infonya tanah saya ada di area purwakarta sekitar waduk jatiluhur, ketinggian 800-1000mdpl coxokkah kalau d tanami durian,, sekitanya d tanam jati merah,,,

February 13, 2017 at 5:12 AM

Mohon infonya tanah saya ada di area purwakarta sekitar waduk jatiluhur, ketinggian 800-1000mdpl coxokkah kalau d tanami durian,, sekitanya d tanam jati merah,,,

February 19, 2017 at 4:11 AM

Salam,
untuk info lebih jelas silahkan kunjungi
http://www.mitrabibit.com/search/label/Budidaya%20Buah%20Durian
disini lebih lengkap
Terimakasih

Post a Comment