Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Budidaya Manggis

Manggis merupakan tanaman tropis yang cocok di tanam pada suhu yang hangat dan stabil, Ratu buah adalah julukan untuk manggis yang  memiliki rasa sangat manis ini, untuk Budidaya Pohon Manggis di Purworejo sendiri sudah berkembang sejak puluhan tahun silam dan merupakan tanaman warisan turun temurun dari kakek nenek yang masih tumbuh subur hingga sekarang. Di wilayah Kecamatan Kaligesing bagian timur, kabupaten Purworejo adalah wilayah berbukit dan merupakan bagian dari pegunungan menoreh yang berbatasan langsung  dengan Yogyakarta, daerah sini kurang cocok untuk tanaman palawija ataupun padi sehingga masyarakat setempat lebih memilih untuk menanam jenis tanaman buah dan tanaman kayu. Saat ini wilayah ini sudah terkenal dengan komoditi utamanya yaitu Manggis dan Durian.

Syarat-syarat Tumbuh:
Pohon Manggis cocok di tanam di dataran rendah sampai dengan ketinggia 700 m dpl. Tanaman Manggis tumbuh dengan baik pada tanah yang kaya akan bahan organik, serta tanah yang aerasinya cukup baik, jenis tanah agak berat sampai tanah ringan.

Bibit tanaman manggis dengan tinggi 50 cm
Pembibitan
Pemilihan bibit manggis yang berkualitas  akan menghasilkan tanaman yang subur dan produktifitasnya tinggi, beberapa hal yang perlu di perhatikan ketika kita akan memilih bibit manggis antara lain:
Bibit manggis siap tanam memiliki tinggi minimal 50 cm
Bebas dari penyakit
Berasal dari induk yang sudah cukup tua
Bibit manggis unggul memiliki batang yang kekar
Pilihlah bibit manggis yang pucuknya berdaun tua

Persiapan  Tanam dan Persiapan Lahan
Perlu diketahui tanaman Manggis tidak tahan oleh sinar matahari secara langsung, sehingga perlu dibuatkan peneduh supaya tanaman Manggis bisa tumbuh subur dengan baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita melakukan Budidaya Manggis adalah sebagai berikut:
Jarak tanam manggis 8 X 8 m atau 8 X 10 m.
Pembuatan lobang tanam dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm
Lubang dibiarkan terkena panas sekitar 10 hari, kemudian di tutup dengan tanah galian yang telah di campur dengan pupuk organik.

Penanaman
Penanaman Manggis sebaiknya dilakukan di awal musim hujan, hal ini dilakukan untuk mengurangi biaya operasional dan tanaman Manggis yang sudah tumbuh dengan baik ketika menghadapi kemarau.

Bibit yang berada dalam naungan paranet
Pemeliharaan
Tanaman manggis perlu dibuatkan naungan karena tanaman manggis tidak tahan terhadap sinar matahari langsung. Pemberian naungan sampai sekitar umur 2 tahun, ukuran naungan adalah sebagai berikut: panjang 60 cm, lebar 40 cm dan tinggi 75 cm. Buat naungan tonggak dari kayu / bambu , atap dari daun alang-alang, daun kelapa, paranet dan lain-lain sedangkan dinding kosong.

Pemupukan Tanaman Manggis
Pemupukan dilakukan setelah tanaman Manggis benar-benar hidup, yaitu sekitar 1 bulan setelah tanam dengan takaran 50 gram pupuk NPK per pohon, taburkan dengan jarak 10 cm dari tanaman, pemupukan Manggis selanjutnya diberikan tiap 4 bulan sekali dengan takaran pupuk kandang yaitu 20-30 kg/pohon. Penyiangan rumput  dilakukan hanya pada tanaman yang mengganggu pertumbuhan Manggis.

Pengendalian Hama
Pengendalian hama dapat dilakukan dengan menyemprotkan pestisida setiap 2 bulan sekali, untuk menghemat biaya semprot, sebaiknya pestisida dicampur dengan pupuk organik cair.

Masa Panen
Pohon manggis biasanya mulai berbuah ketika berumur 6-8 tahun, Manggis yang dikembangkan melalui generatif biasanya memiliki tingkat produktifitas yang lebih tinggi.
Demikian cara pembudidayaa yang dapat kami jelaskan, cara di atas telah kami terapkan pada pembudidayaan tanaman Manggis kami yang sudah terbukti keberhasilannya. Selamat mencoba, sebagai info disini kami juga menyediakan bibit tanaman Manggis berkualitas yang siap tanam.
         

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

3 comments

March 18, 2014 at 3:57 AM

terima kasih untuk sharenya pak. lengkap sekali

March 18, 2014 at 9:49 AM

Buah Manggis dan kulitnya juga menyimpan banyak manfaat, ini juga termasuk buah favotit saya :D

March 19, 2014 at 7:16 PM

Dikampung saya, manggis dibudidayakan untuk ekspor, hasilnya lumayan gede. Manggis itu diekspor katanya sih buat obat-obatan dan kosmetik.. :)

Post a Comment