Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Mengatasi Tanaman Buah Kelengkeng Yang Sulit Berbuah

 
Anda memiliki pohon kelengkeng yang umurnya sudah puluhan tahun tapi sulit berbuah? Memang ada banyak faktor mengapa pohon kelengkeng yang biasa Anda tanam sebagai tanaman pekarangan rumah ataupun Anda budidayakan di kebun, sulit berbuah. Faktor-faktor tersebut antara lain ketinggian tempat, kesuburan tanah, dan asal bibit. Jika Anda hidup di dataran rendah tapi menanam pohon lengkeng dataran tinggi, tentu akan sangat susah untuk berbuah. Meskipun sudah berumur puluhan tahun. Mungkin tanaman Kelengkeng Anda akan berbuah tapi hanya satu atau dua dompol saja. Hal ini disebabkan karena iklim mikro yang tidak cocok, bisa jadi karena suhu dan kelembaban yang tidak sesuai sehingga tanaman tidak mau berbunga. Oleh karena itu diperlukan perlakuan dan nutirsi khusus untuk membuahkan kelengkeng- kelengkeng tersebut. Salah satunya dengan memupuk tanaman dengan pupuk yang mengandung unsur potassium klorat (bahan pembuat mercon / bom), yang sering disebut pupuk booster lengkeng. Pemberian pupuk booster ini bertujuan untuk mempercepat waktu berbuah, atau memilih kapan waktu untuk dapat berbuah sesuai dengan  kebutuhan. Misalnya tanaman kelengkeng ingin dibuahkan  pada saat lebaran, tahun baru, dll. Cara ini sangat menguntungkan bagi para pemilik pohon kelengkeng khususnya bagi para petani tanaman kelengkeng, karena petani bisa menentukan kapan saja pohon kelengkengnya di buahkan dan di panen. Paket pupuk booster lengkeng biasanya terdiri dari unsur makro dan mikro yang lengkap, asam amino,  KNO3 dan potassium klorat. Lengkeng yang sudah bisa dibooster biasanya yang telah berumur 6 bulan ke atas dan dalam kondisi yang sehat. Sebaiknya  pemboosteran di lakukan pada pagi hari, minimal 4 jam waktu pemboosteran, usahakan jangan sampai terkena hujan, agar nutrisi terserap sempurna.
Berikut langkah-langkah membooster tanaman kelengkeng agar cepat berbuah :
1. Lengkeng yang akan dibooster harus dalam kondisi yang tepat yaitu usia minimal 6 bulan,  sehat, pucuk daun dalam kondisi setengah tua (warna hijau muda), full sun / tidak ternaungi.
2. Kerok kulit ari batang pokok dan cabang-cabang primer menggunakan sebilah bambu. Jangan sampai luka, cukup kelupas bagian kulit yang tipis berwarna kecoklatan.
3. Campurkan 1 paket pupuk booster dengan 4 - 5 liter air bersih, aduk hingga larut semuanya.
4. Celupkan lap kain bersih ke dalam larutan pupuk booster. Gunakan untuk mengelap batang pokok dan cabang primer sampai basah merata. Jika perlu ulangi sampai 2 kali.
5. Larutan pupuk booster yang tersisa, siramkan ke sekitar pangkal batang pohon kelengkeng.
Biasanya calon bunga akan keluar pada umur 21 hari setelah diaplikasi dengan pupuk booster. Jika belum kelihatan, tunggu maksimal sampai 2 bulan. Namun jika lebih dari 2 bulan calon bungan belum keluar dan yang keluar hanya tunas daunnya saja, maka aplikasi dianggap gagal. Namun tak usah khawatir jika kondisi tanaman sehat, bisa langsung dibooster lagi.
Kegagalan pemboosteran ini terjadi biasanya dikarenakan ada beberapa hal kecil yang kadang terlupakan, misalnya :
Pohon lengkeng tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup karena ternaungi oleh bangunan atau pohon-pohon lain yang lebih tinggi. Sehingga hal ini menyebabkan proses fotosintesis tidak sempurna, akibatnya nutrisi yang ada tidak bisa `diolah` dengan maksimal.
Kondisi pucuk daun kelengkeng yang tidak pas, mungkin terlalu tua atau terlalu muda. Harusnya kondisi pucuk daun pas pada saat pucuk setengah tua.
Dosis pupuk booster yang kurang. 1 paket pupuk booster harusnya digunakan pada pohon kelengkeng dengan lingkar batang maksimal 12 cm.
Belum ada 4 jam tetapi sudah disiram atau turun hujan. Nutirisi akan tercuci padahal belum diserap dengan maksimal.
Varietas tertentu memerlukan sedikit modifikasi. Misal pada Diamond River, KNO3 ( biasanya berbentuk serbuk) tidak usah diberikan. Gunakan 2 botol yang cair saja. Bisa juga KNO3 diganti dengan NPK 16.
Itulah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah pada tanaman kelengkeng Anda. Namun jika Anda belum mempunyai bibit kelengkeng, dan saat ini sedang mencari bibit kelengkeng untuk di tanam di pekarangan rumah atau dibudidayakan di kebun Anda, CV.Mitra Bibit menyediakan bibit dengan kualitas unggul dan bermutu. Kami juga menyediakan berbagai jenis biji serta bibit tanaman lain dengan kualitas yang sudah tidak diragkan lagi. Tertarik? Hubungi kami untuk info pemesanan.

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

21 comments

May 19, 2014 at 6:39 PM

mertua saya punya pohon kelengkeng lebat sekali, tapi buahnya jarang2...trimakasih atas artkelnya yang sangat bermanfaat ini...salam hangat :)

May 22, 2014 at 6:30 PM

sama-sama semoga tulisan diatas bisa mengatasi kesulitan pohon kelengkeng mertua Anda yg sulit berbuah. salam hangat juga :)

November 3, 2014 at 11:52 PM

untuk pupuk booster dimana bisa didapat gan saya baru dengar proses seperti ini mohon penjelasan selengkapnya

November 6, 2014 at 6:32 AM

@lho dankersditoko-toko khusus penjualan pupuk bibit tanaman banyak sob :)

November 28, 2014 at 1:02 AM

Saya punya 1 batang lengkeng umur 2 tahunan lebat sekali daunnya tapi belum juga berbuah, mungkinkah ada lengkeng lanang (yg tidak bisa berbuah) mohon bantuanya, email saya : www.tonomuba@yahoo.co.id. trims.

December 1, 2014 at 5:37 AM

@MAS TONOUntuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 2AD38AED
Email: Pengelola@MitraBibit.com

January 21, 2015 at 7:35 PM

terimakasih agan tips nya :)

January 30, 2015 at 1:50 AM

@jellygamatgoldg31Iya sama-sama semoga bisa menambah pengetahuan Anda dalam budidaya tanaman buah :)

January 30, 2015 at 8:11 AM

Harga bibit kelengkeng itoh berapa ya mas ? :) Saya domisili di Medan

February 6, 2015 at 7:11 PM

@MuhammadMohon maaf, berhubung harga bibit tanaman tidak bisa kami cantumkan dalam website karena harga yang bisa berubah sewaktu-waktu jadi untuk Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 2AD38AED

Terima Kasih

April 24, 2015 at 5:29 AM

kalo menanam dengan cara dari bijinya itu bagaimana ya?

thx

April 24, 2015 at 5:31 AM

kalo menanam dengan cara dari bijinya itu bagaimana ya?

thx

April 29, 2015 at 8:38 AM

terimakasih tipsnya saya juga baru belajar menanam pohon kelengkeng hasil budidaya stek..

July 3, 2015 at 7:26 PM

mas sy punya pohon kelengkeng sudah bertahun tahun gak mau berbuah mungkin umurrnya perkiraan 9 tahun padahal daunnya rindang dan terlihat subur , apamungkin masih berbuah? tolong sarannya trm

July 9, 2015 at 3:07 PM

Salam,
Tanaman klengkeng yang susah ataupun belum pernah berbuah bisa di rangsang dengan hormon perangsang buah, yan aplikasinya dengan asam amino plus. tetapi perlu di ketahui pula kalau klengkeng yang bapak punya berasal dari biji, biasanya klengkeng dari biji susah berbuah dan varietas serta sifatnya belum tentu sama dengan induknya, dan kalau klengkeng yang bapak punya berasal dari pengembangan vegetatif yang jelas varietasya, mungkin bisa di coba di kasih hormon buah. Selain itu apabila ada tanaman yang lebih tinggi atau menutupi tanaman klengkeng dimaksud, sebaiknya dilakukan pemangkasan.
Terimaksih

August 2, 2015 at 5:45 AM

Tq

September 4, 2015 at 7:02 PM

Dimana saya bisa mendapatkan pupuk booster untuk kelengkeng itu dan berapa harganya? Terima kasih

September 4, 2015 at 7:04 PM

Dimana saya bisa membeli pupuk booster untuk kelengkeng karena saya punya tanaman kelengkeng yang sudah tua tapi belum berbuah, terima kasih

September 4, 2015 at 7:07 PM

Dimana saya bisa membeli pupuk booster untuk kelengkeng dan berapa harganya? Terima kasih

October 8, 2015 at 7:22 AM

Berapa pak, harga perbibit buah lengkeng? ( Jenis yg sering ada d pasaran..?)

October 9, 2015 at 7:16 PM

Saya punya pohon kelengkeng rajin berbuah meski tidak banyak, tapi saya tinggal pergi se minggu, daunnya kuning kering semua. Kenapa ya? Tx

Post a Comment