Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Penghijauan Gunung Jering yang Gundul

Pada umumnya manusia bergantung pada keadaan lingkungan disekitarnya yaitu berupa sumber daya alam yang dapat menunjang kehidupan sehari-hari. Sumber daya alam yang utama bagi manusia adalah tanah, air, dan udara. Tanah merupakan tempat manusia untuk melakukan berbagai kegiatan. Air sangat diperlukan oleh manusia sebagai komponen terbesar dari tubuh manusia. Untuk menjaga keseimbangan, air sangat dibutuhkan dengan jumlah yang cukup banyak dan memiliki kualitas yang baik. Selain itu, udara merupakan sumber oksigen yang alami bagi pernafasan manusia. Lingkungan yang sehat akanterwujud apabila manusia dan lingkungannya dalam kondisi yang baik. Lingkungan sekitar berupa gunung yang kaya akan tumbuhan juga sangat bermanfaat bagi masyarakat disekitarnya. Dapat memanfaatkan kayu untuk bahan bakar, tersedianya air yang melimpah, tanah juga dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan.
Persebaran sumber daya alam tidak selamanya melimpah, ada beberapa sumber daya alam yang terbatas jumlahnya. Terkadang dalam proses pembentukannya membutuhkan jangka waktu yang relatif lama. Pemanfaatan sumber daya alam yang baik adalah hal utama, namun selain manusia menggunakan dan memanfaatkannya juga berkewajiban untuk menjaga kelestariannya. Untuk itu, pengelolaan sumber daya alam seharusnya mengacu kepada aspek konservasi dan pelestarian lingkungan. Eksploitasi sumber daya alam yang hanya berorientasi ekonomi hanya membawa efek positif secara ekonomi tetapi menimbulkan efek negatif bagi kelangsungan kehidupan umat manusia. Oleh karenanya penting untuk melestarikan lingkungan sekitar, salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah penghijauan. Program penghijauan membantu bumi untuk tetap hijau, hal ini juga memberikan manfaat untuk bumi agar tetap menyediakan tanah, air, dan udara yang baik untuk kelangsungan hidup manusia.
Sumber Daya Alam yang dimiliki masyarakat di daerah Jering, Sidorejo, Godean, Sleman, Yogyakarta sangat melimpah. Daerah tersebut memiliki kekayaan alam berupa gunung-gunung yang ditumbuhi berbagai tumbuhan kecil hingga besar dan kekayaan tanah liat yang bagus sebagai bahan dasar pembuatan genting, serta aneka hewan yang hidup didalamnya. Masyarakat sekitar juga sungguh memanfaatkannya, mengambil kayu-kayu untuk bahan bakar dan mengambil tanah liatnya untuk dijual kepada pemilik modal pembuat genting. Struktur tanah yang bagus dan subur menyebabkan segala macam tumbuhan dapat dengan tumbuh baik di tempat tersebut, sebagian masyarakat mulai memanfaatkannya untuk memulai usaha menanam pohon jati sebagai salah satu investasi. Mengingat bibit tanaman jati di Yogyakarta masih jarang ditemui, dan investasi tanaman jati adalah investasi yang menguntungkan karena harga jual yang masih tinggi.
Sebagian orang yang mempunyai tanah di gunung tersebut masih terus mengeksploitasi tanah untuk dijual kepada pemilik menjual tanah tersebut kepada pembeli tanah liat. Selama tanah tersebut masih laku dijual maka eksploitasi masih terus dilakukan, namun pada akhirnya setelah tidak laku lagi dijual pemilik membiarkan tanah miliknya tersebut terbengkalai, gundul tanpa ditanami tumbuhan lagi. Hal tersebut hampir sama disemua bagian gunung tersebut, terlihat gundul dan tidak terawat sama sekali.
Ketidakpedulian pemilik tanah merupakan keprihatinan saya sekarang. Masih saja banyak masyarakat yang tidak peduli dengan lingkungannya sendiri. Kesadaran masyarakat akan pentingnya penghijauan masih rendah. Melalui tulisan ini saya ingin mengajak warga masyarakat Jering, Sidorejo, Godean, Sleman, Yogyakarta untuk peduli dengan penghijauan gunung Jering melalui penanaman kembali lahan yang gundul.
Gerakan penghijauan gunung Jering dengan penanaman bibit jati merupakan investasi tinggi. Dengan modal yang tidak terlalu besar, kita sudah mampu mendapatkan bibit tanaman jati berkualitas. Budidaya tanaman jati juga tidak terlalu sulit mengingat jenis tumbuhan ini tidak terlalu suka air dan tumbuhan yang suka dengan hampir semua jenis tanah sehingga cocok ditanam di tanah apapun. Perawatan tanaman jati tidak terlalu ribet dan menghabiskan biaya banyak, cukup dengan pemupukan secara teratur sudah cukup. Meskipun masa tumbuh dan panennya yang lama namun, hal ini cocok untuk investasi di gunung Jering tersebut daripada dibiarkan terbengkalai dan tidak digunakan lain. Selain kita membantu program penghijauan, kita juga mendapat keuntungan, kata pepatah sambil menyelam minum air.
Seperti yang diungkapkan di atas, sulitnya mencari bibit tanaman Jati di Yogyakarta yang berkualitas tidaklah menjadi soal. Solusinya ada pada CV. Mitra Bibit menjual berbagai macam tanaman. CV. Mitra Bibit adalah web/blog jual bibit berbagai jenis tanaman secara online dan jelas tentunya juga menyediakan bibit tanaman jati berkualitas dan sesuai dengan kantong kita.

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

16 comments

March 14, 2014 at 11:04 PM

Mudah2an tetap terjaga pelestarian alamnya ya :)

March 15, 2014 at 12:16 AM

bahaya juga ya mas kalau lahan hutan kondisi nya gundul getu. Mungkin habis cukur rambut kali ya hehehe :D
sebaiknya perlu direboisasi ya mas :)

March 15, 2014 at 2:42 AM

luar biasa, aksi penghijauan ini dapat mencegah terjadinya longsor.

March 15, 2014 at 4:59 AM

untuk kelestarian bumi tetap hijau, bisa ditanamkan kepada anak kita sejak dini, sukses mitra bibit

March 15, 2014 at 5:17 AM

Prospek cerah nih buat investasi :)

March 15, 2014 at 5:52 AM

semoga dengan di reboisasinya gunung yang gundul, bisa mencegah pemanasan global

March 15, 2014 at 6:15 AM

sangat diperlukan itu
penghijauan tempat2 yang gersang/gundul

March 15, 2014 at 8:13 AM

Intan salut sama blog ini

bukan hanya tujuan berdagang namun membantu kita warga untuk peduli akan lingkungan dan tentunya penghijauan

mantap mas :D

March 15, 2014 at 8:47 AM

Selamat malam Pak. simak artikel yang bagus ini, tapi itu gunungnya
agak Gundul yah Pak? alangkah baiknya ikuti seperti apa yang di terangkan
Pada artikel ini, salam Penghijauan yah Pak. lestari selalu Indonesiaku
Salam santun dari saya Karrysta :)

March 15, 2014 at 8:48 AM

Semoga saya dapat pertamax di artikel yang bermanfaat ini

March 15, 2014 at 5:24 PM

Benar saya sepakat sekali dengan tulisan diatas.. Siapa lagi yang akan menjaga tanah kita kalau bukan kita sendiri, dan tentunya pohon jati adalah sebuah pilihan yang cukup bailk..

March 16, 2014 at 6:10 AM

Penghijauan alam ini selain untuk menambah sejuk udara juga sanggup untuk penanggulangan banjir..tapi yang utama adalah kesadaran masing2

March 16, 2014 at 10:15 AM

saya senang sekali kalau berada di tempat yang banyak pohon-pohonnya semua serba hijau sangat nyaman buat relaksasi, makasih sharingnya mas :)

March 16, 2014 at 5:44 PM

program yang mulia, semoga bisa mengurangi bencana yang terus ada di negeri ini....

March 17, 2014 at 7:51 PM

perhatian masyarakat perlu diacungi jempol,.., dan pemanfaatan dr kekayaan alamnya, jujur, ane senang.. liat postingan seperti ini,,yg membahas ttg alam..SUKSES SELALU BUAT ANDA..!

March 18, 2014 at 9:48 AM

Penghijauan harus gencar digalakan, untuk mengurangi pemanasan global :)

Post a Comment