Search

Loading...

Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Teknik Memilih Biji Cengkeh Berkualitas

Bibit cengkeh telah disortir
Untuk memperoleh pohon cengkeh yang produktif dan berkualitas, kita harus bisa memilih biji cengkeh yang benar-benar  berkualitas. Pohon cengkeh di kembangbiakan melalui biji, maka kita perlu mengetahui bagaimana untuk memilih biji cengkeh unggul yang memenuhi syarat untuk ditanam dan di pelihara hingga puluhan tahun.

Syarat syarat pohon induk yang layak untuk diambil bijinya sebagai berikut:
Pohon Sehat
Memiliki daun yang rimbun dan tidak pernah sakit
Percabanganya rapat dan mulai dari bawah
Sebisa mungkin berbunga terus (saat musim)
Berumur lebih dari 10 tahun

Biji cengkeh berkualitas siap packing
Pohon yang akan diambil bijinya harus dirawat secara khusus dan di istimewakan, lalu bagaimana cara pengistimewaan pohon yang akan diambil bijinya? Jadi pengistimewaan pohon cengkeh tersebut antara lain dengan pemberian pupuk yang teratur. Tanaman cengkeh yang akan diambil bijinya, haruslah sebagian bunganya disisakan sekitar 10 % tiap pohon, usahakan  disisakan di bagian pucuknya saja, mengapa demikian? karena pucuk yang disisakan tersebut nantinya akan menghasilkan biji yang lebih besar. Lalu bagaimana cara mengetahui biji cegkeh yang sudah masak? Biji cengkeh yang sudah tua dan masak adalah yang berwarna ungu hitam, biasanya masa masaknya biji yaitu antara 4-5 bulan setelah panen atau 9-10 bulan  dari bakal bunga  yaitu sekitar bulan November. Setelah biji cengkeh berkualitas dipetik, biji kemudian di kupas kulitnya dengan hati-hati usahakan jangan sampai luka, karena jika sampai terluka kemungkinan untuk pertumbuhan tunasnya tidak bisa maksimal. Kemudian cuci hingga bersih biji yang telah dikupas tadi. Teknik selanjutnya adalah pemilihan atau penyortiran biji cengkeh, pemilihan atau penyortiran biji ini  perlu dilakukan untuk memisahkan biji yang kecil, memiliki bekas bercak dan juga tidak layak semai. Biji cengkeh yang baik biasanya berisi sekitar 850-900 butir tiap kilonya. Apabila biji cengkeh hendak dikirim ke luar daerah, packing biji cengkeh haruslah di beri sekam terlebih dahulu ataupun serbuk kayu yang basah, hal ini dilakukan untuk mencegah keringnya biji cengkeh selama pengiriman dijalan berlangsung. Cara ini juga lah yang biasa kami terapkan ketika memilih biji cengkeh yang berkualitas untuk dikirim.
Selamat mencoba, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

4 comments

March 12, 2014 at 9:38 PM

kalau bibit cengkeh berkualitas, sehingga pohon nya nanti bisa tumbuh dan berkembang dengan baik ya mas ;)

March 13, 2014 at 2:10 AM

berarti untuk mendapatkan biji cengkeh yang berkualitas ini harus menunggu pohonnya berusia 10 tahun dulu ya mas.

March 13, 2014 at 12:04 PM

Wah makasih kang atas infonya! :D sangat bermanfaat!

March 13, 2014 at 5:31 PM

cengkeeeh kalo bisa panen untung banyak yaa gan

kunjungan done

Post a Comment