Search

Loading...

Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Jambu air Madu Deli

Jambu Air

1.    Asal-usul tanaman

Diduga jambu air berasal dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Kini, jambu air telah menyebar ke seluruh dunia. Nama jambu air disesuaikan dengan sifatnya yang mengandung banyak air. Saat kita kehausan, bisa diredakan dengan memakan jambu air.

  

2.    Varietas unggul

Jambu air mempunyai puluhan varietas lokal, diantaranya jambu air biasa, jambu klampok atau camplong putih (Madura), camplong merah, jambu mawar, dan jambu kancing (buahnya berukuran kecil).
jambu air yang saat ini di unggulkan diantaranya :
Jambu Citra
Jambu air Jenis ini telah dilepas oleh pemerintah untuk dikembangkan Semua jambu mempunyai nama ilmiah Syzygium atau Eugenia. Kerabat dekat jambu air ialah gowok atau kupak (Eugenia polycephala, Miq) yang baik untuk batang bawah pada sambungan (okulasi) dengan jambu air. Semua jenis jambu pada umumnya berbiji, kecuali klampok putih (Eugenia densiflora, Lamk) yang tidak berbiji (Seedless). 
Jambu Madu Deli
Jambu madu deli adalah salah satu  tanaman asli daerah Medan. Jambu madu deli memiliki ukuran relatif  besar juka dibanding jambu jenis lain, yaitu bisa mencapai sekepalan tangan orang dewasa. Rasanya juga manis, tidak ada biji, dengan tekstur daging lebih padat.
Perawatan pohon jambu madu deli lebih rumit. tanaman jambu madu deli sebaiknya disiram rutin  agar tanahnya basah, diberi pupuk secara rutin, selain itu harus rajin membuang setiap bunga yang muncul di sela pucuk daun agar buah jambu madu deli yang dihasilkan bisa tumbuh besar.
Ketika buah jambu deli madu muncul berukuran jempol orang dewasa, sebaiknya  dibungkus plastik sehingga terhindar dari lalat buah dan ulat daun. Tanaman Jambu yang dirawat baik tidak akan tumbuh tinggi,dan lebih cenderung merindang .
Setiap pohonjambu madu deli , bisa berbuah 7-10 kg sekali panen dalam tempo yaitu sekitar tiga bulan.


3.    Syarat Tumbuh

Tanaman Jambu air dapat tumbuh di semua jenis tanah pada ketinggian dataran rendah sampai 1.000 m dpl dengan pH 5-6,5. Tanaman jambu lebih baik tumbuh di daerah yang beriklim basah dengan curah hujan 1.000-3.000 mm/tahun. Di daerah yang beriklim kering, tanaman akan tumbuh merana dan berbuah sedikit. Tanaman akan lebih baik tumbuh di lahan yang terbuka, tidak tahan terhadap kekeringan dan naungan berat. Pada umumnya tanaman  jambu berbunga setahun dua kali, yaitu bulan Juni-Juli dan Agustus-September. Dua bulan setelah antesis (bunga mekar), buah sudah dapat dipanen. Pada musim hujan tanaman berbuah lebat, tetapi rasa buah kurang manis akibat banyak air.

4.    Perbanyakan tanaman

Jambu air diperbanyak dengan biji, cangkok, dan okulasi. Namun, sebaiknya menggunakan bibit hasil pengembangan okulasi dengan menggunakan batang bawah jambu mawar atau gowok yang tumbuhnya kekar. Tanaman jambu juga sangat mudah sekali dicangkok, dalam waktu  1,5-2 bulan cangkokan sudah mulai berakar dan dapat ditanam. Jambu unggul biasanya diperbanyak dengan okulasi.

5.    Budidaya tanaman

Lahan dibersihkan dari gulma terutama alang-alang yang akarnya menjadi pesaing berat. Dibuat lubang tanam ukuran 50cm x 50cm x 50cm. Jarak antara lubang 4-5 m. Setiap lubang diberi pupuk kandang atau kompos yang sudah di fermentasi atau sudah matang sebanyak 10-20Kg, campur dengan tanah dan beri sedikit Sp-36 dan Furaden. Tanaman ditanam tegak di atas lubang tanam yang telah disiapkan. Siram dengan air secukupnya.Pemupukan dengan menggunakan Pupuk buatan berupa NPK diberikan setelah berumur 3-5 bulan setelah tanam. Pupuk buatan NPK (15-15-15) diberikan sekitar 50-300 g/pohon di sekeliling tanaman. Pemupukan selanjutnya diulang setiap empat bulan sampai tanaman mulai berbuah.  Pohon Jambu biasanya mulai berbunga pada umur 1-2 tahun setelah tanam. Setelah berbuah, tanaman sebaiknya diberi NPK setelah Panen menjelang berbunga pertama.
Pengaturan air juga sangat penting, usahakan air tidak tergenang , sehingga terhindar dari jamur. Selain itu, apabila ada benalu seperti benikan (dolaran)yang menempel pada kulit pohon jambu harus segera dibersihkan, kemudian yang muncul pada ujung cabang dan lainnya, serta membuang tunas liar (tunas air). Tunas air dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Benikan tumbuhnya cepat sekali sehingga seluruh tanaman jambu penuh dengan parasit liar ini.
      
6.    Hama dan penyakit
Hama yang sering dijumpai para petani tanaman jambu air adalah lalat penggerek buah. Hama lalat buah ini bertelur pada bunga dan buah yang baru muncul (pentil). Saat telur menetas, larva segera masuk kedalam pentil jambu dan membesar dalam buah sambil memakan bagian dalam buah. Buah menjadi busuk di bagian dalamnya, tetapi jika dilihat dari luar tampak sehat mulus. Jika buah dibelah, bagian dalamnya penuh belatung (ulat), akhirnya buah jambu tersebut tidak enak dimakan. Pemberantasan lalat buah harus dilakukan sejak bunga mekar. Tanaman disemprot dengan insektisida sistematik seperti Bayrusil 0.2% atau Decis 0.2%. Penyemprotan dihentikan satu bulan sebelum dipanen buahnya.


Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

Post a Comment