Search

Loading...

Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Waspadai “Kenakalan” Petani Kopi

Ada beberapa kondisi  yang biasanya dilakukan oleh petani kopi baik sengaja maupun tidak sengaja yang dapat menurunkan kualitas kopi menjadi rusak, sehingga dapat menurunkan harga jualnya. “Kenakalan” ini biasanya terjadi kerna petani kurang terdidik, terburu-buru sehingga asal-asalan, atau memang petani sedang malas. Bila hal ini terus terjadi berlarut-larut tanpa pernah di ketahui, maka akan mendatangkan kerugian yang tidak sedikit. Berikut beberapa tindakan petani “nakal” yang biasanya dijumpai :
1.    Saat petani diminta memetik buah kopi yang matang, biasanya mereka akan menyertakan buah yang belum matang atau yang berwarna hijau. Hal ini perlu diwaspadai karena kopi yang dipanen terlalu hijau mempunyai bobot yang lebih ringan, warna cenderung memutih, bentuknya agak menerut jika telah dikeringkan, dan jika disimpan agak lama warnanya menjadi hitam.
2.    Kotoran-kotoran seperti butir-butir pasir, debu, tanah, dll , dapat tercampur dengan biji kopi. Hal ini disebabkan karena petani tidak menjaga kebersihan saat mengolah kopi.
3.    Saat permintaan kopi sedang tinggi-tingginya sehingga harganya naik, maka petani yang “nakal” ini akan mengikut sertakan buah kopi yang mentah untuk dipanen.
4.    Perlu diwaspadai saat pengemasan. Biasanya saat melakukan pengemasan, petani akan melakukan tindakan curang dengan mencampurkan 5-20% biji kopi yang berkualitas kurang baik ke dalam kemasan yang mempunyai grade ataui kualitas lebih tinggi.

Hal ini tentunya akan merugikan konsumen dan lama-lama produsen akan kehilangan kepercayaan dari konsumennya. Agar “kenakalan” tersebut dapat dicegah, perlu dilakukan pendidikan dan penegakan kedisiplinan di dalam kalangan pekerja tani tersebut, serta motivasi yang dapat meningkatkan kejujuran mereka seperti memberi uang tips, awards, dan sebagainya.

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

2 comments

August 5, 2012 at 7:42 AM

wah-wah.. sangat disayangkan, harus dilaporkan segera itu oleh juragan kopi setempat hehe. Tapi miris juga kalo juragan kopiNya adalah dalang dari semua itu. Nice info sobat.. jadi tahu dan menambah wawasan Saya dalam dunia bibit.

August 5, 2012 at 8:26 AM

@Suhendri Mr terimakasih kunjungannya sob... Sekedar tips saja untuk menambah wawasan. Atau mungkin ada yang mau menambahkan.. :D

Post a Comment