Search

Loading...

Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 2AD38AED
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Cara Budidaya Tanaman Pala

Selain syarat tumbuh, pembudidaya pala mempunyai pedoman-pedoman tertentu dalam proses budidayanya. Dalam pembibitan, terdapat beberapa cara perbanyakan yang dapat dilakukan, yaitu generatif, pencangkokan, penyambungan, penyusunan, dan stek. Setelah anda mendapatkan bibitnya, langkah selanjutnya adalah penanaman. Penanaman pala mempunyai tekniknya sendiri.
Penanaman bibit dilakukan pada awal musim hujan. Hal ini untuk mencegah agar bibit tanaman tidak mati karena kekeringan, bibit tanaman yang berasal dari biji dan sudah mempunyai 3–5 batang cabang biasanya sudah mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan sehingga pertumbuhannya dapat baik. Penanaman yang berasal dari biji dilakukan dengan cara sebagai berikut: polybag (kantong pelastik) di lepaskan terlebih dahulu, bibit dimasukkan kedalam lubang tanam dan permukaan tanah pada lubang tanam tersebut dibuat sedikit dibawah permukaan lahan kebun. Setelah bibit-bibit tersebut ditanam, kemudian lubang tanam tersebut disiram dengan air supaya media tumbuh dalam lubang menjadi basah.

Bila bibit pala yang berasal dari cangkok, maka sebelum ditanam daun-daunnya harus dikurangi terlebih dahulu untuk mencegah penguapan yang cepat. Lubang tanam untuk bibit pala yang berasal dari cangkang perlu dibuat lebih dalam. Hal ini dimaksudkan agar setelah dewasa tanaman tersebut tidak roboh karena sistem akaran dari bibit cangkokan tidak memiliki akar tunggang. Setelah bibit di tanam, lubang tanam harus segera disiram supaya media tumbuhan menjadi basah. Penanaman bibit pala yang berasal dari enten dan okulasi dapat dilakukan seperti menanam bibit-bibit pala yang berasal dari biji. Lubang tanaman perlu dipersiapkan satu bulan sebelum bibit ditanam. Hal ini bertujuan agar tanah dalam lubangan menjadi dayung (tidak asam), terutama jika pembuatannya pada musim hujan, lubang tanam dibuat dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm untuk jenis tanah ringan dan ukuran 80x80x80 cm untuk jenis tanah liat.

Dalam menggali lubang tanam, lapisan tanah bagian atas harus dipisahkan dengan lapisan tanah bagian bawah, sebab kedua lapisan tanah ini mengandung unsur yang berbeda. Setelah beberapa waktu, tanah galian bagian bawah di masukkan lebih dahulu, kemudian menyusul tanah galian bagian atas yang telah dicampur dengan pupuk kandang secukupnya. Jarak tanam yang baik untuk tanaman pala adalah: pada lahan datar adalah 9x10 m. Sedangkan pada lahan bergelombang adalah 9x9 m.
Perawatan tanaman ini lumayan intensif. Untuk mencegah kerusakan atau bahkan kematian tanaman, maka perlu di usahakan tanaman pelindung yang pertumbuhannya cepat, misalnya tanaman jenis Clerisidae atau jauh sebelumnya bibit pala di tanam, lahan terlebih dahulu di tanami jenis tanaman buah-buahan/tanaman kelapa. Penyulaman harus dilakukan jika bibit tanaman pala itu mati/pertumbuhannya kurang baik.

Pada akhir musim hujan, setelah pemupukan sebaiknya segera dilakukan penyiraman agar pupuk dapat segera larut dan diserap akar. Pada waktu tanaman masih muda, pemupukan dapat dilakukan dengan pupuk organik (pupuk kandang) dan pupuk anorganik ( pupuk kimia sama dengan pupuk buatan) yaitu berupa TSP, Urea dan KCl. Namun jika tanaman sudah dewasa/sudah tua, pemupukan yang dan lebih efektif adalah pupuk anorganik. Pemupukan dilakukan dua kali dalam setahun, yaitu pada awal musim hujan dan pada akhir musim hujan.

Sebelum pemupukan dilakukan, hendaknya dibuat parit sedalam 10 cm dan lebar 20 cm secara melingkar di sekitar batang pokok tanaman selebar kanopi (tajuk pohon), kemudian pupuk TSP, Urea dan KCl ditabur dalam parit tersebut secara merata dan segera ditimbun tanah dengan rapat. Jika pemupukan di lakukan pada awal musim hujan, setelah dilakuakan pada akhir musim hujan, maka untuk membantu pelarutan pupuk dapat dilakukan penyiraman, tetapi jika kondisinya masih banyak turun hujan tidak perlu dilakukan penyiraman.

Untuk memudahkan usaha budidaya anda, CV MITRA BIBIT telah menyediakan benih dan bibit Pala berkualitas dari berbagai jenis. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pemesanan bibit dapat menghubungi contact person yang tersedia.

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke lokasi. Terima kasih...

13 comments

July 6, 2012 at 9:47 AM

wah, websitenya keren, lain waktu kalau ternak saya sudah jalan, saya akan coba di pertanian, untuk cabainya kok saya belum melihat ya? trims

July 6, 2012 at 9:52 PM

Makasih mas bro atas kunjungannya,,, saling mendo'akan saja biar semuanya lancar... Utk bibit jenis sayuran blm ada, masih fokus bibit tanaman kayu, perindang, dan buah.

April 25, 2013 at 12:06 PM

mas..bibit palanya yg umur 2 bulanan harganya berapa.?.. minimal pembeliannya brp pohon?..sy sangat berminat. trms

April 25, 2013 at 12:09 PM

mas.. harga bibit yg 2 bulanannya berapa? minimal order bibitnya brp? sy sangat tertarik....trims sebelumnya.

May 1, 2013 at 11:14 AM

@Ari Rifayandi
Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP: 0852-2848-4369

May 1, 2013 at 11:15 AM

@Ari Rifayandi
Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP: 0852-2848-4369

June 5, 2013 at 8:59 AM

met malam mas.._^.. saya dari sulawesi tengah saya ingin menanyakan cara penanaman bibit pala dari biji hingga bisa tumbuh.. sy sudah beberapa kali mencoba untuk menanam biji pala tapi selalu gagal.. apakah ada teknik teknik tertentu untuk membudidayakannya mas ??? trismss atas infonnya _^

June 5, 2013 at 9:11 AM

met malam mas.._^.. saya dari sulawesi tengah saya ingin menanyakan cara penanaman bibit pala dari biji hingga bisa tumbuh.. sy sudah beberapa kali mencoba untuk menanam biji pala tapi selalu gagal.. apakah ada teknik teknik tertentu untuk membudidayakannya mas ??? trismss atas infonnya _^

September 25, 2013 at 5:22 AM

wah adem pak.. apakah tersedia bibit fanili?

September 25, 2013 at 5:23 AM

kalau pesan apakah bisa di kirim pak? minimal berapa?

September 30, 2013 at 9:33 AM

@LeeSite ComunityUntuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP: 0852-2848-4369
Email: Pengelola@MitraBibit.com

September 30, 2013 at 9:34 AM

@andrianUntuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP: 0852-2848-4369
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Anonymous
April 20, 2014 at 12:46 AM

Slmt siang pak Sapto, bgmn kabarnya? Sy ada rencana menanam pala di Palangkaraya. Apakah cocok ya pak? Sugi

Post a Comment