Cari

Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Syarat dan Lokasi Tumbuh Tanaman Kopi

Tanaman kopi dapat tumbuh secara optimal apabila faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan pemeliharaan juga dapat dioptimalkan dengan baik. Secara umum, syarat pertumbuhan tanaman kopi meliputi varietas unggul/klon unggul, keadaan tanah, kondisi iklim, ketinggian tempat, serta pemeliharaan.

Varietas atau klon unggul
Setiap daerah mempunyai varietas/klon unggulan yang berbeda. Artinya adalah, suatu klon unggul pada suatu daerah belum tentu unggul pada daerah yang lainnya. Jenis arabika dari suatu daerah pasti memiliki karakter yang berlainan dengan daerah lainnya, dalam hal ini biasanya adalah cita rasa dan aroma. Kopi arabika dari Sumatera Utara pasti berbeda dengan yang ada di Sulawesi, begitu juga yang ada di Flores walaupun varietasnya sama. Klon unggul harus diuji produktivitasnya hingga tiga generasi. Selain itu, bibit kopi yang sudah teruji di daerah tertentu sebaiknya jangan ditanam didaerah yang lain, cukup didaerah sekitarnya saja. Bibit dipilih dari bibit yang melalui perbanyakan tanaman secara generative atau biasa disebut bibit semaian.Untuk jenis kopi robusta, PPKKI menganjurkan pemakaian varietas BP 308 sebagai stek sambung batang bawahnya.

Tanah
Tanah yang baik bgi penanaman kopi adalah tanah yang memiliki top soil atau kandungan organic yang tebal. Biasanya tanah seperti ini terdapat di dataran tinggi. Rata-rata tingkat keasaman (pH) tanah yang dianjurkan adalah sebesar 5-7. Jika tanah terlalu asam, dapat ditambahkan pupuk Ca(PO)2 atau Ca(PO3)2, untuk meningkatkan keasaman bisa ditambahkan urea.

Iklim
Curah hujan mempengaruhi pembentukan bunga hingga menjadi buah. Untuk jenis arabika dianjurkan curah hujan yang masih ditolerir sekitar 1.000-1.500mm/tahun, sementara robusta maksimal 2000mm/tahun. Sebaiknya melihat data curah hujan selama lima tahun terakhir, pasalnya untuk daerah dengan ketinggian diatas 1000 m memiliki musim kering yang pendek, padahal kopi membutuhkan musim kering yang agak panjang supaya produksinya optimal. Suhu lingkungan untuk kopi arabika berkisar antara 16-22°C. Sedangkan robusta mampu beradaptasi dengan suhu berkisar antara 20-28°C.
Kondisi topografi wilayah perlu diperhatikan karena jika terjadi anomali iklim, petani dapat melakukan beberapa rekayasa. Khuaus untuk daerah yang memiliki tiupan angin yang kencang, petani sebaiknya menanam pohon pelindung seperti dadap, lamtoro, atau sengon laut.

Ketinggian tempat
Arabika tumbuh optimal pada ketinggian 1.000-2.100 meter dpl. Semakin tinggi tempat, maka rasa atau karakter kopi akan semakin baik. Kopi jenis robusta dapat tumbuh optimal pada ketinggian sekitar 1.200 meter dpal.
Jika anda membutuhkan bibit kopi, kami CV MITRA BIBIT menyediakan berbagai jenis bibit dan biji berkualitas. Untuk informasi mengenai pemesanan bibit dapat menghubungi contac person yang tersedia.

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

7 comments

February 24, 2013 at 11:07 PM

Saya akan mengembangkan kopi di bawah tegakan hutan rakyat. Lokasi kebumen, ketinggian 50-100m dpl. Kopi apa yang cocok?

February 28, 2013 at 11:34 PM

@Poetra Rimba Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP: 0852-2848-4369
Email: Pengelola@MitraBibit.com

September 30, 2014 at 6:25 AM

Mohon kopi paste untuk tugas kuliah budidaya kopi Min. terimakasih materinya. :D berguna sekali

September 30, 2014 at 8:34 AM

@Budidaya Tanaman KopiSilahkan :) iya sama-sama sob semoga bisa membantu tugas kuliah sobat dan menambah ilmu yang bisa bermanfaat sebagai pengetahuan. Salam :)

novry
December 2, 2014 at 11:51 PM

Mo informasi... apakah kopi robusta bisa tumbuh baik dan berproduksi pada ketinggian dibah 100 dpl?

novry
December 2, 2014 at 11:54 PM

Mohon info.... apakah kopi robusta bisa tumbuh baik dan berproduksi pd ketinggian dibawah 100 dpl?

April 10, 2015 at 11:51 PM

Saya punya lahan kebun, dengan ketinggian >300-350 m dari permukaan laut, dengan lapisan humus cukup baik, saat ini di tanami singkong dengan produk yg baik.
Saya mau tanami dgn kopi baik arabika ataupun robusta.
Luas lahan +/- 6000 m2
Pertanyaan:
1. apa bisa ditanam dgn kopi robusta dan arabika?
Lami siap minta pertolongan dari pihak team bapak dgn rencana kami ini.
Terima kasih
H. Iwantara

Post a Comment