Cari

Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Cara Menyimpan Biji Mahoni untuk Menjaga Kualitas

Mengingat pohon mahoni tidak berbuah sepanjang tahun dan masa tanam pohon mahoni yang relatif lama. Pengemasan & penyimpanan biji merupakan salah satu cara yang dapat menunjang keberhasilan menyediakan benih. Proses ini  bertujuan agar biji tidak  rusak, bobotnya tidak susut,dan  warna bijinya tidak berubah. Biji yang masih utuh mempunyai kualitas yang baik untuk di konsumsi.Pengemasan hasil biji mahoni yang sudah kering haruslah menggunakan media yang rapat ini bertujuan supaya bebas dari pengaruh jamur atau kontaminasi luar. Jika biji sudah terkontaminasi oleh jamur, biji akan cepat busuk. Kemasan yang baik digunakan adalah plastik. Kemasan ini dapat melindungi biji dari kerusakan selama proses pengangkutan atau penyimpanan. Karena  kemasan dari plastik ini  kuat, tahan air, tahan  dari tumpukan dan melindungi fisik, tahan lama selama proses penyimpanan dan tahan terhadap guncangan serta dapat mempertahankan keseragaman.

Biji mahoni yang di simpan haruslah di tempat kering dan bersih. Hal ini bertujuan agar biji tetap terjaga kualitasnya, tidak di serang oleh hama, serta bebas dari jamur. Penyimpanan juga bertujuan mencukupi persediaan biji selama musim berbuah tidak dapat mencukupi kebutuhan dan menjamin persediaan biji yang bermutu. Kriteria tempat yang kering adalah tidak lembab. Usahakan lokasi penyimpanan kedap air, biji yang di simpan tidak boleh menempel langsung pada  lantai,hal ini menghindari pengaruh kelembaban lantai gudang yang dapat mempercepat perkecambahan biji.  Tempat yang bersih dapat meminimalkan dari serangan hama, karena serangan hama mudah menyerang pada lingkungan yang kotor. Untuk itu gudang yang akan di gunakan untuk penyimpanan sebelumnya di bersihkan dulu dari debu/kotoran. Jika proses ini berjalan dengan baik maka biji mahoni yang di simpan dalam ruangan bisa bertahan lama selama proses penyimpanan berlangsung.

Biji yang berkualitas baik menghasilkan manfaat yang baik pula. Kami Mitra Bibit menyediakan biji mahoni yang berkualitas. Kami juga menyediakan Biji yang sudah siap untuk di konsumsi maupun untuk pembenihan. Mitra Bibit menyediakan biji mahoni berkualitas dan melayani penjualan baik dalam partai besar ataupun kecil. Jika Anda membutuhkan komodity ini, silakan segera hubungi kami.

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

12 comments

November 1, 2013 at 3:09 AM

Iya betul itu. Biji mahoni memang sangat rentan rusak dan juga sangat ringan sekali bobotnya. Untuk itu dengan adanya tips yang dipaparkan diatas, diharapkan kita apabila punya bibit mahoni bisa menyimpannya dengan baik. Tujuannya agar kualitas benih mahoni bisa bagus sepanjang mas :)

November 1, 2013 at 4:02 AM

Ternyata cara Penyimpanannya...kudu extra ya kang..kayak memperlakukan baby layaknya..

November 1, 2013 at 7:07 AM

Dengan menyimpan Biji mahoni di tempat yang kering dan bersih ini akan dapat menjaga kualitas dari bibit tersebut ya pak, sangat bermanfaat pak tips nya

November 3, 2013 at 10:44 PM

Hmmm ... Ternyata Harus Hati hati yahh hehehe
Dan Dulu Biji Mahoni biasa Saya Pake Buat Maen Bletokan mas :D {Pernainan Di Desa Saya hehe) Makasii Yah mas Atas Infonyaa Sungguh Sangat Bermanaftt

November 4, 2013 at 11:48 PM

Begitu ya cara menyimpanya hehe

November 5, 2013 at 4:46 PM

tips ini bisa dijadikan panduan yang praktis untuk para petani atau pedagang yang ingin menanam pohon mahoni ya mas, sehingga keberadaan bijinya bisa awet. :)

November 6, 2013 at 9:36 AM

@Wahyu Eka Prasetiyarini Benar sekali mbak, sesuai dengan slogan kita: Kualitas adalah Prioritas kami sebagai mitra ANda. :D

November 6, 2013 at 9:37 AM

@budi os 19 Kayaknya lebih extra ngawat baby,, soalnya perlu ganti popok. Kalau rawat benih kan gag ganti popok... :D

November 6, 2013 at 9:39 AM

@Arie Gond3sBukan bibit kang, tapi biji. Biji ini harus dijaga kualitasnya karena pesanan dalam jumlah banyak biasanya digunakan sebagai bahan baku obat Herbal. Jadi kualitas harus benar2 terjaga.

November 6, 2013 at 9:40 AM

@Ainnul Yaqin Apa itu mainan BLETOKAN..? :D di daerah saya mungkin ada, cuma beda nama sebutan...

November 6, 2013 at 9:41 AM

@game-begog Betul...Betul... Betul....

November 6, 2013 at 9:43 AM

@Wahyu Eka PrasetiyariniKalau biji Mahoni untuk di tanam/di semai berbeda cara penangananya dengan biji yang digunakan sebagai bahan baku Obat. Kalau untuk bahan baku obat, proses penjemuran lebih lama.

Post a Comment