Search

Loading...

Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Budidaya sukun dengan cara stek akar

Salah satu cara membudidayakan tanaman sukun adalah dengan metode stek akar. Kelebihan dari stek akar yaitu dapat menghasilkan jumlah benih yang banyak dan seragam pertumbuhannya. Untuk membudidayakan dengan cara tersebut ada beberapa cara yang harus dilakukan sebagai berikut.

Persiapan awal yang dilakukan :
Akar di ambil dari pohon induk yang tidak sedang berbunga atau masa berbuah ( pada bulan oktober). Pohon induk sebaiknya berumur sekitar 20 tahun karena biasanya lebih berhasil dibanding pohon yang muda. Pengambilan akar dilakukan secara bertahap dan tanaman tidak perlu dibongkar. Pengambilan akar diikuti dengan pemberian pupuk sebelum lubang galian ditutup kembali. Akar dipotong secara hati-hati, di angkat dan dikumpulkan.

Pembuatan stek akar : Akar dipotong-potong dibuat stek dengan panjang antara 15-20 cm. Disusun teratur searah ujung pangkalnya sehingga mudah penanamannya. Selanjutnya stek diletakan di tempat yang teduh / terhindar dari panas matahari.

Pembuatan  persemaian : tanam stek akar kedalam tanah pasir dengan kedalaman sekitar 8 cm. Bagian akar yang lebih muda diletakan dibagian bawah jangan sampai terbalik karenan jika terbalik akar tidak dapat bertunas. Agar tunas dapat tumbuh dengan cepat dapat dipacu dengan hormon Rootone F dan disiram secara teratur. Jarak antara persemaian sekitar 3 cm. Setek akar yang sudah berdaun 3-5 lembar siap dipindahkan ke polybag.

Pembuatan Tempat Pembenihan : 
- Siapkan Polybag berukuran 10 x 15 cm yang telah di beri lubang kecil pada bag ian bawahnya.
- Siapkan media tanam yang terdiri dari tanah berpasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.
- Letakkan  polybag pada tempat yang teduh.
- Tanam stek yang sudah bertunas dan berakar ke dalam polybag yang telah di sediakan.
- Jika benih bertunas banyak,kurangi  tunas yang tidak sesuai dengan kriteria  dengan cara memotongnya, sehingga tersisa satu tunas yang kondisinya sehat dan bagus.
- Setelah benih berumur 3-5 bulan, tanaman siap dipindahkan ke tempat penanaman.

Persiapan penanaman
- Buat lubang dengan ukuran  75 x 75 x 75 cm atau 100 x 100 x 75 cm.
- Pisahkan tanah galian bagian atas dengan tanah galian bagian bawah.
- Campur tanah galian bagian atas dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.
- Biarakan lubang terbuka 1-2 minggu agar terkena sinar matahari untuk mematikan bibit penyakit atau hama lainnya yang bersarang dalam tanah.
- Satu minggu sebelum penanaman,masukan  tanah bekas galian ke dalam lubang. Masukan tanah bagian bawah dulu kemudian menyusul tanah bagaian atas yang telah di campur pupuk kandang.
- Ratakan tanah, kemudian beri ajir sebagai penanda.

Langkah penanaman
• Bersihkan lahan dari rumput, batu, atau kotoran.
• Pada jarak tanam 12 x 12 cm hingga 15 x 15 cm buat lubang tanam dengan ukuran 75 x 75 x 75 cm. Tanah sebelah atas ditaruh di sebelah kiri, tanah sebelah bawah di taruh di sebelah kanan.
• Campur tanah bagian atas dengan dengan 1 blek pupuk kandang.
• Sobek plastik  polybag dengan cuter atau gunting secara perlahan agar media tanam tidak rusak.
• Masukkan tanaman bibit yang sudah siap tanam ke dalam lubang. Timbun dengan tanah bagian bawah terlebih dahulu kemudian disusul tanah bagia atas. Saat penimbunan dapat ditaburkan pupuk NPK sebanyak 100 g per lubang.
• Beri sedikit air agar tanah dapat dipadatkan sehingga posisi tanaman menjadi lebih kokoh. 

Penanaman bibit sukun sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan agar tanaman terhindar dari kekurangan air pada awal pertumbuhannya. Penanaman juga sebaiknya dilakukan pada sore hari untuk menghindari penguapan yang tinggi.

Penyiraman 
Pada tanaman muda di siram sehari sekali, namun saat udara terasa lebih panas dari biasanya penyiraman dilakukan 2 kali sehari yaitu  pagi dan sore. Tanaman sukun umumnya dapat berproduksi dengan baik di lokasi yang berdekatan dengan sungai atau aliran air. Karena tanaman sukun sesungguhnya lebih menyukai lingkungan yang lembab, meskipun tidak basah lembab.

Pemangkasan 
Pemangkasan dilakukan pada cabaang yang rimbun saja atau cabang yang terserang hama penggerek batang. Pemangkasan berat hingga tanaman nyaris gundul tak berdaun dilakukan agar merangsang pertumbuhan cabang/tunas baru jarang dilakukan pada sukun. Pemangkasan ringan umumnya sudah mampu merangsang tumuhnya tunas dan cabang. Alat yang digunakan dalam pemangkasan dapat berupa golok atau gergaji yang tajam.

Pemupukan 
Pemberian pupuk dilakukan 2 kali dengan jumlah per tahun dibagi 2. Pemberian pertama adalah sebulan setelah panen raya yang terjadi sekitar bulan Januari – Februari. Sedangkan pemberian kedua yaitu sebulan setelah panen susulan yang terjadi sekitar bulan Juli – Agustus. Langkah dalam memberi pupuk adalah gali lubang sedalam 35 cm, buat lubang melingkar letakkan tanah galian di sekitar lubang lalu masukan pupuk yang sudah di campur tadi kedalam lubang, timbun kembali tanah yang di gali tadi, lalu padatkan tanah tersebut.

Penyiangan dan Pembumbunan
Pada tanaman yang baru di tanam (tanaman muda) biasanya rawan muncul tanaman pengganggu seperti rumput liar atau biasa di sebut gulma. Untuk pembersihan gulma yang sedikit, cukup di cabut dengan tangan. Namun untuk gulma yang tmbuh banyak bisa membersihkannya dengan cangkul agar lebih cepat proses penyiangannya. Sedangkan pada Tanaman sukun dewasa perlu di lakukan secara hati – hati saat pembersihan gulma karena akar sukun yang sebagian menjalar gampang sekali terkana cangkul. Pohon dewasa yang sedang berbuah sebaiknya jangan banyak di lukai karena dapat mengganggu produksi buah.
Penyiangan pada pohon sukun muda diikuti juga dengan pembumbunan. Tanah yang keras disekitar tanaman digemburkan lalu tanahnya ditinggikan sedikit ke arah pokok tanaman.

Untuk mendapatkan bibit sukun dengan kualitas unggul yang sama dengan induknya memang tidak mudah, butuh keterampilan khusus dan untuk mendapatkannya namun bagi Anda yang ingin budidaya tanaman sukun tetapi belum mempunyai bibitnya, CV.Mitra Bibit menyediakannya. Untuk keterangan lebih lanjut bisa hubungi kontak kami.

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

4 comments

November 22, 2013 at 4:43 AM

Jadi lebih mudah dan cepat berbuah ya mas kalau pohon sukun di tanam secara di stak. Sehingga tidak memerlukan waktu yang lama untuk memanen pohon sukun ini. Benar-benar luar biasa ya ilmu dan pengetahuan jaman sekarang ini :)

Dulu di belakang rumah saya banyak pohon sukun. Semuanya tumbuh sendiri. Alias nggak ada yang di tanam, Tapi sekarang sudah ditebang semuanya karena untuk membangun rumah kakak saya hehehe :D

November 28, 2013 at 6:14 AM

@Cara RirinMEmang tanaman ini mudah tumbuh mbak.. apa lagi kalau tanaman ini sdh lumayan besar, maka tdk prlu lagi perawatan extra.

December 24, 2013 at 11:07 PM

Alamat lengkap cv mitra bibit dimn

December 27, 2013 at 9:43 PM

@pursiyono galuhAlamat:
Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Jika masih kurang jelas bisa lihat pada menu alamat/peta lokasi
atau langsung Hubungi
HP:
0852-2848-4369
Nanti kalu mau datang bisa kita arahkan.

Terima kasih...

Post a Comment