Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Karakteristik dan Jenis Kayu yang Sering di Cari Pengrajin

Kayu merupakan salah satu material bahan bangunan yang sering digunakan dalam konstruksi. Tidak hanya itu saja selain dimanfaatkan sebagai bahan bangunan kayu juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan furniture seperti dalam pembuatan meja, kursi, lemari, pintu dll. Tidak heran jika sampai saat ini kayu masih menjadi komoditas utama sebagai bahan baku dalam bidang industri maupun furniture. Salah satu sifat utama dari kayu itu sendiri adalah mempunyai sifat-sifat spesifik yang tidak bisa ditiru oleh bahan-bahan lain yang dibuat oleh manusia misalnya, kayu mempunyai ketahanan terhadap pembebanan yang tegak lurus dengan seratnya atau sejajar seratnya. Sudah sejak dahulu kala kayu dipakai oleh manusia sebagai konstruksi sebuah bangunan, pemakaian kayu sebagai rangka bangunan sangatlah tepat karena kayu lebih ringan dan mengurangi berat sendiri dari bangunan, sehingga dapat menghemat ukuran pondasi. Karakteristik dari kayu yang sering dicari oleh para pengrajin sendiri adalah memiliki tingkat kekerasan yang baik, dapat dengan mudah diproses seperti dipotong, diukir, diamplas dll. Agar lebih jelasnya berikut akan saya kenalkan jenis kayu apa saja yang banyak dan menguntungkan untuk dijadikan investasi.
jenis kayu yang sering digunakan sebagai pembuatan furniture dan bahan bangunan antara lain :

Kayu Jati
Kayu jati merupakan jenis kayu yang paling banyak diminati karena serat dan teksturnya yang paling indah. Karakteristiknya yang kuat, stabil serta tahan lama menjadikan kayu ini pilihan utama dalam bahan material bangunan. Kayu jati juga termasuk kelas awet dan kuat KW1 dan KW2. Kayu jati juga kayu yang tahan dari jamur, rayap dan serangga lainnya karena kandungan minyak yang terdapat pada kayu. Harga kayu jati sendiri dipilah berdasarkan dari asal, ukuran dan kriteria batasan kualitas kayu yang ditoleransi, seperti: ada mata sehat, ada mata mati, ada doreng, dan ada putih.

Kayu Mahoni
Kayu mahoni mempunyai tekstur yang cukup halus, seratnya indah dan berwarna merah muda sampai merah tua. Biasanya digunakan sebagai elemen dekorasi ruangan. Termasuk kayu dengan kelas awet III tetapi mempunyai kelas kuat II dan III.

Kayu Bangkirai
Kayu Bangkirai termasuk jenis kayu yang cukup awet dan kuat. Termasuk kayu dengan Kelas Awet I, II, III dan Kelas Kuat I, II. Sifat kerasnya juga disertai tingkat kegetasan yang tinggi sehingga mudah muncul retak rambut dipermukaan. Selain itu, pada kayu bangkirai sering dijumpai adanya pinhole. Umumnya retak rambut dan pin hole ini dapat ditutupi dengan wood filler. Secara struktural, pin hole ini tidak mengurangi kekuatan kayu bangkirai itu sendiri. Karena kuatnya, kayu ini sering digunakan untuk material konstruksi berat seperti atap kayu. Kayu bangkirai termasuk jenis kayu yang tahan terhadap cuaca sehingga sering menjadi pilihan bahan material untuk di luar bangunan / eksterior seperti lis plank, outdoor flooring / decking, dll. Pohon Bangkirai banyak ditemukan di hutan hujan tropis di pulau Kalimantan. Kayu berwarna kuning dan kadang agak kecoklatan, oleh karena itulah disebut yellow balau. Perbedaan antara kayu gubal dan kayu teras cukup jelas, dengan warna gubal lebih terang. Pada saat baru saja dibelah/potong, bagian kayu teras kadang terlihat coklat kemerahan.

Kayu Kamper
Kayu kamper telah lama menjadi alternatif bahan bangunan yang harganya lebih terjangkau. Meskipun tidak setahan lama kayu jati dan sekuat bangkirai, kamper memiliki serat kayu yang halus dan indah sehingga sering menjadi pilihan bahan membuat pintu panil dan jendela. Karena tidak segetas bangkirai, retak rambut jarang ditemui. Karena tidak sekeras bangkirai, kecenderungan berubah bentuk juga besar, sehingga, tidak disarankan untuk pintu dan jendela dengan desain terlalu lebar dan tinggi. Termasuk kayu dengan Kelas Awet II, III dan Kelas Kuat II, I. Pohon kamper banyak ditemui di hutan hujan tropis di kalimantan. Samarinda adalah daerah yang terkenal menghasilkan kamper dengan serat lebih halus dibandingkan daerah lain di Kalimantan.

Kayu Meranti Merah
Kayu meranti merah termasuk jenis kayu yang keras, warnanya merah muda tua hingga merah muda pucat, namun tidak sepucat meranti putih. Tekstur dari meranti merah tidak halus selain itu tidak tahan terhadap cuaca, sehingga tidak disarankan untuk dipakai diluar ruangan. Kayu meranti merah termasuk dalam kelas awet III, IV tetapi mempunyai kelas kuat II, IV.

Kayu Sonokeling
Kayu sonokeling mempunyai serat kayu yang sangat indah, berwarna ungu berloreng hitam atau hitam keunguan yang berbelang dengan coklat kemerahan. Kayu sonokeling selain indah dan kuat juga awet sehingga dapat dipergunakan sebagai material konstruksi bangunan. Kayu ini termasuk dalam kelas Awet I dan Kelas Kuat II.

Kayu Karet
Kayu karet tergolong kayu lunak - keras, tapi lumayan berat dengan densitas antara 435-625 kg/m3 namun jika dalam level kekeringan kayu 12%.
Kayu Karet termasuk kelas kuat II, dan kelas awet III, sehingga kayu karet dapat digunakan sebagai substitusi alternatif kayu alam untuk bahan konstruksi.

Kayu Akasia
Kayu Akasia (acacia mangium), mempunyai berat jenis rata-rata 0,75 berarti pori-pori dan seratnya cukup rapat sehingga daya serap airnya kecil. Kelas awetnya II, yang berarti mampu bertahan sampai 20 tahun keatas, bila diolah dengan baik. Kelas kuatnya II-I, yang berarti mampu menahan lentur diatas 1100 kg/cm2 dan mengantisipasi kuat desak diatas 650 kg/cm2. Berdasarkan sifat kembang susut kayu yang kecil, daya retaknya rendah, kekerasannya sedang dan bertekstur agak kasar serta berserat lurus berpadu, maka kayu ini mempunyai sifat pengerjaan mudah, sehingga banyak diminati untuk digunakan sebagai bahan konstruksi maupun bahan meibel-furnitur.

Itulah beberapa jenis kayu serta keunggulan-keunggulan tersendiri dari masing-masing jenis kayu. Bagi anda yang berkeinginan untuk membudidayakannya dapat memesan bibit pada kami. Kami menyediakan berbagai jenis bibit dan biji tanaman yang berkualitas.

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

16 comments

February 10, 2014 at 10:27 PM

Tahunya cuma kayu jati gan,,,,
makasih ulasannya,,,

February 11, 2014 at 11:37 PM

Kayu jati ya ms?
harga dan kualitas memng unggul...:) follback sukses..

February 11, 2014 at 11:56 PM

dari sekian jenis kayu yang di sebutkan di atas semuanya gak ada mas didaerah saya, kalau di daerah saya kebanyakan menggunakan kayu Rengas, Brumbung dan Tembesu

February 12, 2014 at 12:18 AM

wah lengkap sekali jenis jenis kayu nya, :)
jadi nambah pengetahuan saya soal jenis kayu, :D

February 12, 2014 at 12:32 AM

Waah lengkap ... siapa tahu kapan2 cari info ini, sudah tahu harus ke mana mencarinya. Terimakasih :)

February 12, 2014 at 6:41 AM

wah banyak banget ya ternyata jenis kayu yang dibutuhkan oleh pengrajin. terima kasih sharenya . .

February 12, 2014 at 6:42 AM

wah banyak banget ya ternyata jenis kayu yang dibutuhkan oleh pengrajin. terima kasih sharenya . .

February 12, 2014 at 6:43 AM

kalau sengon mas...

February 18, 2014 at 7:08 PM

@MaYa KayLaIya sama-sama gan, terimakasih telah mampir....

February 18, 2014 at 7:11 PM

@de nifIya mas, kayu jati memang unggul, terimakasih follbacknya juga :-)

February 18, 2014 at 7:13 PM

@Arie Gond3sMasnya tinggal di daerah mana?

February 18, 2014 at 7:15 PM

@BAS SETUDIOIya sama-sama gan :-)

February 18, 2014 at 7:16 PM

@MugniarIya sama-sama terimakasih kembali :-)

February 18, 2014 at 7:18 PM

@joeKalau sengon itu sama dengan kayu albesia..

February 18, 2014 at 10:10 PM

@MitraBibit.comIya sama-sama, terimakasih juga telah berkunjung....

Post a Comment