Cari

Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Metode Pembibitan Cengkeh

Jika anda tertarik untuk membudidayakan cengkeh karena anda telah melihat peluang dan prospeknya kedepan. Makah hal pertama yang harus anda lakukan adalah segera melakukan pembibitan atau jika anda tidak sempat dan mempunyai dana lebih, anda tinggal membeli bibitnya saja. Untuk melakukan pembibitan cengkeh sendiri ada beberapa langkah dan prosedur yang harus anda lakukan.

Sebelum anda melakukan pembibitan, anda harus ingat satu hal yaitu  Syarat Pertumbuhan Tanaman Cengkeh. Tanaman Cengkeh dapat tumbuh secara optimal pada ketinggian 300 – 600 meter dpal dengan suhu sekitar 22°-30°C, serta curah  hujan yang berkisar antara 1500-4500 mm/tahun. Kondisi tanahnya merupakan tanah gembur dengan dalam solum  minimum 2 meter, tidak berpadas dengan pH optimal 5,5 - 6,5. Tanah jenis latosol, andosol dan podsolik merah baik untuk dijadikan perkebunan cengkih.

Setelah anda memastikan syarat-syarat tumbuh tersebut cocok dengan kondisi lahan anda, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembibitan.  Berikut adalah langkah-langkahnya :
1. Buat bedengan untuk naungan dengan lebar 1- 1,2 m dan panjang sesuai kebutuhan dengan arah membujur ke utara selatan. Kanan kiri bedengan dibuat parit sedalam 20 cm dan lebar 50 cm. Diatas bedengan dibuat naungan setinggi 1,8 m dibagian timur dan 1,2 m dibagian selatan, intensitas cahaya 75%.
2. Benih dibenamkan pada media di polybag ukuran 15 cm x 20 cm (untuk bibit yang akan dipindahkan pada umur 1 tahun) atau ukuran 20 cm x 25 cm (untuk bibit yang akan dipindahkan pada umur 2 tahun) yang bagian bawahnya telah dilubangi 2,5 mm dengan jarak 2 x 2 cm. Media yang digunakan pasir halus, tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1 : 1, dan berikan Natural GLIO per 20 25 kg pupuk kandang yang telah jadi dan diperam selama ± 2 minggu. Dan sebelum bibit ditanam siram tanah dengan POC NASA 5 ml/lt air atau 0,5 tutup per liter air. -Kemudian susun polybag pada persemaian yang telah disiapkan.
3. Penyiraman dilakukan dua kali dalam sehari. Penyiangan dilakukan 2-3 kali dalam sebulan disesuaikan dengan pertumbuhan gulma. Intensitas naungan perlahan-lahan dikurangi secara bertahap hingga tinggal 40% saat bibit dipindahkan ke lapang.
4. Pemupukan dengan NPK dilakukan dengan dosis 10 gr/pohon/tahun atau dengan Urea, SP-36 dan KCl dengan dosis masing-masing 3,5 gr/bibit/tahun . Pupuk tersebut diberikan tiap 3 bulan sekali sedangkan untuk yang didalam polibag diberikan sebanyak 1,5 bulan sekali.

Nah, untuk memudahkan anda dalam mengawali usaha budidaya cengkeh ini, kami CV MITRA BIBIT telah menyediakan bibit-bibit cengkeh  unggulan dan berkualitas dengan harga bersaing. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pemesanan bibit dapat menghubungi kontak yang tersedia.

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

2 comments

November 21, 2014 at 3:52 AM

kalau gak di kasih bedengan gimana min, maksudnya asal taruh aja di alam terbuka. polibagnya misalnya di pinggi rumah gitu.. hehehe

November 21, 2014 at 6:44 PM

@Zainal Mutakinbibit tetap bisa tumbuh, tapi kurang maksimal pertumbuhannya kang.

Post a Comment