Search

Loading...

Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Kehidupan Pohon Trembesi Di Ujung Timur Jawa

Bibit Trembesi
Hidup didesa sepertiku mungkin sudah pemandangan biasa akan sebuah bentangan pepohonan. Desa Pencol di kabupaten Magetan Jawa Tinur. Rumah kami berdiri dibawah sebuah pohon trembesi. Pohon yang tumbuh besar dan rindang. Dengan diameter batang yang hampir lebih 1 meter. Seperti itulah gambaran pohon trembesi.

Jarang sekali didesaku terjadi pohon tumbang. Mungkin karena masyarakat senantiansa merawat dan memperhatikan setiap pohon. Secara rutin ketika melihat ada sebuah pohon yang sudah mati dan tinggal berdiri hanya sebatang pohon, dengan sigap masyarakat bergotong royong menebangnya secara sukarela. Dan menggantinya dengan bibit yang baru. Dengan begitu resiko tertimpa pohon tumbang di perumahan jarang sekali terjadi.

Tinggi, kokoh dan besar, itulah pohon trembesi. Kemudian apa manfaatnya ?
Didesaku, warga banyak mencari daun pohon tersebut untuk makan hewan ternak, seperti kambing. Pohon yang besar dan jumlah daun yang banyak memungkinkan warga untuk emngambil daun dengan jumlah yang banyak tanpa ketakutan akan kehabisan daun dipohon.
Daunnya kecil, namun pohonnya besar dan tinggi.

Apakah pohon trembesi berbuah ?
Ya, pohon trembesi memiliki buah. Dan konon kata cerita kakak dan nenek-nenekku, dahulu mereka sering membakar buah trembesi dan kemudian dimakan. Bahkan didesaku, masih juga ada beberapa yang masih menjual biji pohon trembesi dalam bentuk camilan.

Sekarang, keadaan tak seindah dulu. Jumlah pohon trembesi mulai berkurang oleh berdirinya bangunan rumah megah. Kini hanya tersisa pohon trembesi disekitar sungai untuk mencegah longsor.
Pohon bagiku adalah simbol desa. Desa adalah rumahnya para pohon ditengah maraknya perkotaan metropolitan. Walau sekarang sudah banyak kota yang telah membangun hutan kota.

Sekarang ini, populasi pohon trembesi juga semakin menurun. Didaerahku saja sangat jarang aku temukan penjual bibit tananam trembesi di Magetan, Jawa Timur. Padahal 10 tahun yang lalu ketika aku masih SD, banyak sekali setiap hari ada penjual bibit tanaman yang menjajakan bibitnya keliling kampung.

Pohon adalah investasi kita. Hasil dari itu dapat kita manfaatkan sendiri untuk membangun rumah anak cucu, atau dijual kembali untuk dijadikan perabotan rumah tangga. Memang sih trembesi tidak sebagus pohon jati jika digunakan untuk perabotan rumah, namun trembesi juga mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan jati. Investasi tanaman trembesi bisa jadi pilihan.

Ditengah sulitnya mencari bibit tanaman, boro boro untuk mencari yang berkualitas, mencari ada atau tidaknya saja sudah kerepotan didaerahku. Walaupun begitu, juga harus mementingkan Bibit Tanaman Trembesi yang berkualitas. Walau sedikit pilihannya, kualitas harus diutamakan. Karena pohon adalah untuk seumur hidup kita.

Didesaku budidaya tanaman trembesi tidak diminati oleh warga. Mereka lebih memilih tanaman lain. Walau ada beberapa yang sudah berdiri tegap kokoh pohon trembesi, namun sayang, tidak ada generasi penerus tanaman itu untuk menggantikan tanaman yang sudah tua dan rapuh.
Mari, kita bersama sama melakukan gerakan penghijauan. Antara warga kota dan desa disatukan secara apik akan membuahkan perubahan yang bermanfaat nantinya. Untuk masa depan lebih rindang.

Pengirim : Tri Adhy Prabowo

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

10 comments

September 13, 2013 at 1:00 AM

Follow Sucksees sob ^_^

http://www.mestiqui.com/

September 13, 2013 at 1:08 AM

@Ahmad Manarulmksh...

September 13, 2013 at 3:16 AM

Nice Sob :D menambah pengetahuan saya :)

Lapor
follow back done

September 13, 2013 at 5:58 AM

mampir malam sob

September 13, 2013 at 7:24 AM

Selain buat penghijauan..bisa di jd kan investadi yg menjankikan ya mas

September 20, 2013 at 8:56 AM

@Herman Bagus Makasih udah mampir yak... :D

September 20, 2013 at 8:56 AM

@steven Bima Makasih y...

September 20, 2013 at 8:57 AM

@budi os 19 benar sekali sob,, maksih y kunjungannya...

September 30, 2013 at 1:08 AM

Wahhh Saya Baru Tahu Tuh Klo pohon trembesi Itu berbuah Bahkan Bisa Dimakan hhehe Makasii Yah Infonya :) Oh Iya Btw Follow Sukses Gan Klo Agan Berkenan Ditunggu Lhoo Follacknya hehe

September 30, 2013 at 7:58 AM

@zgaspcSiiip mas bro..,, segera meluncur ke TKP

Post a Comment