Search

Loading...

Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 2AD38AED
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Cara Melakukan Pemangkasan Tanaman Coklat/Kakao

Setiap petani pasti ingin agar tanamannya selalu terawat dengan baik dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Banyak cara untuk dapat mewujudkannya, salah satunya adalah dengan melakukan pemangkasan tanaman terutama pada tanaman yang mempunyai batang keras (berkambium) ataupun tanaman yang berbentuk perdu (pohon). Selain penyiraman, pemupukan, pemberian hormone untuk mempercepat proses pembuahan, dan pencegahan hama penyakit, kegiatan pemangkasan merupakan salah satu cara agar tanaman selalu dalam keadaan prima.

Pemangkasan tanaman merupakan usaha yang dilakukan para petani untuk mendapatkan bentuk tajuk tanaman yang ideal atau untuk mendapatkan hasil tanaman yang berbuah lebih banyak terlepas dari baik tidaknya mutu buah tersebut. Pemangkasan bertujuan untuk mengurangi jumlah tunas dan pucuk batang agar pertumbuhan buahnya maksimal.

Pemangkasan pada tanaman kakao ditujukan pada pembentukan cabang yang seimbang serta pertumbuhan vegetatif yang baik suapaya tanaman kakao kita selalu dalam kondisi yang prima dan diharapkan menghasilkan panen yang prima juga. Selain kakao yang harus dipangkas, pohon pelindung juga dilakukan pemangkasan agar percabangan dan daunnya tumbuh tinggi dan baik. Cara-cara pemangkasan pada kakao ada beberapa macam, yaitu :

Pertama, Pangkas Bentuk, dilakukan umur 1 tahun setelah muncul cabang primer (jorquet) atau sampai umur 2 tahun dengan meninggalkan 3 cabang primer yang baik dan letaknya simetris.

Kedua, Pangkas Pemeliharaan, bertujuan mengurangi pertumbuhan vegetatif yang berlebihan dengan cara menghilangkan tunas air (wiwilan) pada batang pokok atau cabangnya.

Ketiga, Pangkas Produksi, bertujuan agar sinar dapat masuk tetapi tidak secara langsung sehingga bunga dapat terbentuk. Pangkas ini tergantung keadaan dan musim, sehingga ada pangkas berat pada musim hujan dan pangkas ringan pada musim kemarau.Pangkas Restorasi, memotong bagian tanaman yang rusak dan memelihara tunas air atau dapat dilakukan dengan side budding.

Kegiatan memangkas berhubungan dengan kualitas tanaman itu sendiri. Jika bibitnya kurang berkualitas, maka pemangkasan harus lebih intensif dan tentunya akan lebih menyita tenaga. Maka, untuk mendukung usaha budidaya anda berjalan lebih efektif dan efisien, CV MITRA BIBIT menyediakan Benih dan Bibit Kakao berkualitas dengan harga bersaing. Untuk informasi lebih lanjut mengenai bibit dan pemesanan dapat menghubungi kontak yang tersedia

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

2 comments

Anonymous
August 27, 2013 at 6:37 AM

mau nya sih sama gambar pohon coklat nya.
bagian2 mana aja yg akan di pangkas

Anonymous
January 15, 2014 at 9:45 PM

tolong di post kan dong.., prosedur pangkas produksi...
thx b4...

Post a Comment