Search

Loading...

Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Persiapan Lahan Dalam Budidaya Kakao

Coklat bukan hanya milik Swiss saja. Indonesia juga punya peluang untuk merajai pasaran coklat dunia. Tanaman Kakao merupakan tanaman perkebunaan berprospek menjanjikan. Tetapi jika faktor tanah yang semakin keras dan miskin unsur hara terutama unsur hara mikro dan hormon alami, faktor iklim dan cuaca, faktor hama dan penyakit tanaman, serta faktor pemeliharaan lainnya tidak diperhatikan maka tingkat produksi dan kualitas akan rendah.

Bagi anda yang berniat memulai Budidaya Kakao ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan lahan untuk tanaman Kakao ini. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam memulai Budidaya Kakao :
 Pertama, Bersihkan alang-alang dan gulma lainnya. Kita tahu alang-alang dan ulma merupakan tanaman parasit yang jika dibiarkan akan membunuh Kakao secara perlahan. Selain itu juga pembersihan ini bertujuan untuk mensterilkan lahan supaya penanaman dapat dilakukan dengan mudah.

Kedua, Gunakan tanaman penutup tanah (cover crop) terutama jenis polong-polongan seperti Peuraria javanica, Centrosema pubescens, Calopogonium mucunoides & C. caeraleum untuk mencegah pertumbuhan gulma terutama jenis rumputan. Gulma berkembang sangat cepat, maka perlu diantisipasi dengan tanaman penuup tanah, supaya pertumbuhan gulma terhambat. Sebenarnya boleh saja tidak menggunakan cover crop ini, namun anda pasti akan kerepotan membersihkan gulmanya setiap minggu.

Ketiga, Gunakan juga tanaman pelindung seperti Lamtoro, Gleresidae dan Albazia, tanaman ini ditanam setahun sebelum penanaman kakao dan pada tahun ketiga jumlah dikurangi hingga tinggal 1 pohon pelindung untuk 3 pohon kakao (1 : 3). Tanaman pelindung berfungsi sebagai penahan angin, maka penanaman satu tahun sebelum kakao ditanam maksudnya adalah untuk menahan angin yang akan menerpa tanaman kakao muda, sehingga dapat meminimalisir kerusakan tanaman. Hal ini wajib dilakukan untuk didaerah yang memiliki lokasi atau daerah dengan tiupan angin yang kencang.

Persiapan lahan akan memudahkan langkah berikutnya dalam proses budidaya kakao ini yaitu pembibitan, penanaman, dan pemeliharaan tanaman. Lahan yang baik merupakan awal yang baik bagi hasil panen yang melimpah serta berkualitas. Untuk pasokan bibit itu sendiri, kami dari CV MITRA BIBIT menyediakan Benih dan Bibit Kakao berkualitas dengan harga bersaing. Untuk informasi lebih lanjut mengenai bibit dan pemesanan dapat menghubungi kontak yang tersedia.

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

Post a Comment