Cari

Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Budidaya Tanaman Damar

Sebelum anda memulai budidaya damar, pastikan bahwa lokasi lahan anda cocok dengan persyaratan tanamnya, yaitu tinggi tempat diatas 400 meter dpal, dengan curah hujan yang tinggi serta jarang musim kemarau dan tentunya tanahnya harus subur. Setelah anda yakin lokasi lahan anda cocok dengan syarat-syarat tersebut, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan lahan, penanaman, pemeliharan, dan pemupukan.

Persiapan lahan
Sistem tumpang sari menjadi acuan utama dalam persiapan lahan. Tanaman utamanya adalah damar, sedangkan tanaman selanya dapat berupa hortikultura maupun tanaman pangan. Lahan budidaya nantinya akan berupa HTR (Hutan Tanaman Rakyat) karena budidaya damar ini mempunyai tujuan melakukan penyediaan kayu kepada masyarakat. Karena tanamannya berumur panjang, maka sebaiknya jangan hanya menggunakan sistem monokultur.
Pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan lahan. Jika pengolahan dilakukan pada lahan miring, maka harus diperhatikan kaidah pengawetan tanahnya. Cemplongan dan jalur dibuat jika pengelolaan tanah dilakukan secara manual. Pada pertumbuhan awal,  damar akan membutuhkan naungan. Naungan dapat menggunakan tanaman yang cepat pertumbuhannya seperti akasia atau kemlanding. Jika damar sudah lumayan besar maka tanaman naungan tersebut dapat diganti dengan tanaman sela. Jenis tanaman sela disesuaikan dengan ketinggian tempat, dapat berupa sayuran ataupun buah-buahan.
Selanjutnya dilakukan pengajiran dengan membuat lubang tanam pada tengah-tengah lingkaran antara tanaman satu dengan yang lainnya dan diatur menurut jarak tanam yang sudah ditentukan.  Pada lubang-lubang tersebut nantinya dipasang ajir. Jarak antara ajir harus sesuai dengan jarak tanam yang digunakan.

Penanaman
Penanaman menggunakan metode hortikultura dimana damar sebagai tanaman utama sedangkan tanaman sela dapat berupa tanaman pangan maupun hortikultiura. Pada penanaman Agathis ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti pengangkutan bibit diusahakan sebaik mungkin supaya tidak ada tanaman yang rusak, hanya bibit yang baik yang ditanam, akar jangan sampai rusak ataupun terlipat.
Penanaman tanaman sela harus memperhatikan rotasi tanaman yang ada di sekelilingnya. HTR dapat meningkatkan pendapatan petani karena selama menunggu tanaman utama dapat dipanen pemasukan pendapatan juga masuk dari hasil produksi tanaman sela. 

Pemeliharaan
Pemeliharaan tanaman ini cukup mudah, hampir sama dengan tanaman kayu lainnya. Pemeliharaan damar dilakukan bersama dengan pemeliharaan tanaman sela. Jika tanaman agathis tersebut ada yang mati maka lakukanlah penyulaman. Lakukan beberapa pengamanan untuk mencegah kerusakan tanaman serta pemberian naungan pada umur kurang dari 2 tahun. Pemeliharan tanaman sela disesuaikan dengan jenis tanaman sela tersebut.

Pemupukan
Pemupukan tidak perlu dilakukan selama masih ada tanaman sela. Penggunaan tanaman sela ini hanya berkisar umur 4 tahun. Setelah itu perlu dilakukan pemupukan yang optimal agar damar selalu dalam kondisi yang bagus.

Dalam memilih bibit, usahakan bibit yang anda gunakan adalah bibit yang bagus, kami CV MITRA BIBIT menyediakan bibit damar berkualitas. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pemesanan bibit silahkan menghubungi contact person yang tersedia.

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

6 comments

July 23, 2012 at 7:20 AM

super sekali postingannya, sangat bermanfaat untuk menanam pohon damar,.
dan aku jadi tahu cara memilih bibit yang bagus..
terima kasih yah.. :)

July 23, 2012 at 8:32 PM

Berkunjung di sini sahabatku.....
Sangat Beruntung jika kita memiliki lahan dan dapat Menanam Damar, karena jaman sekarang kayu sangat sulit, Apalagi kayu damar memiliki Mutu yg bagus dan tidak kalah dengan kayu lainnya...
Selamat menjalankan Ibadaj Puasa

July 25, 2012 at 4:52 AM

@Lukman Hakim Terima kasih kunjungannya... jika ingin lebih tau mengenai pembibitan boleh untuk menghubungi kami untuk sekedar bertanya-tanya...

@Penyuluh Perikanan Iya sob,,, Investasi masa depan... Investasi tidak harus menanam saham di perusahaan besar..., menanam pohon pun merupakan suatu investasi yang luar biasa. Manfaat dari penghijauan itupun sangat besar manfaatnya untuk kelestarian alam ini.

December 18, 2013 at 11:27 PM

mkasi atas infonya.....sgad super...

December 19, 2013 at 8:17 AM

@Penyuluh Perikanan Terima kasih kunjungannya sahabat...

December 19, 2013 at 8:17 AM

@Andi AndikaTerima kasih juga atas kunjungannya..

Post a Comment