Search

Loading...

Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Cara Budidaya Tanaman Angsana

Melihat begitu banyak manfaat yang terdapat pada pohon angsana ini, pastinya peluang untuk dijadikan investasi juga besar. Pasalnya, kayu angsana dihargai cukup tinggi di pasaran. Selain itu juga bagian lain dari pohon angsana yaitu daun, getah, dan kulit kayunya  dapat dipotensikan menjadi produk herbal. Maka dari itu banyak petani yang berlomba-lomba untuk membudidayakannya. Cara budidayanya pun cukup mudah, hampir sama dengan cara budidaya tanaman kayu lainnya.

Angsana dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis dengan ketinggian 600-1300 meter diatas permukaan laut. Angsana akan tumbuh dengan baik pada tempat-tempat yang terbuka atau sedikit terlindungi dari sinar matahari baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Ketinggian yang paling optimal adalah 800 mdpl. Lahan yang akan ditanami harus subur dan gembur serta kaya akan unsur hara.

Perbanyakan tanaman dapat dilakukan dengan cara mencangkok atau dengan melakukan pembibitan. Pencangkokan dilakukan dengan memilih cabang atau ranting yang tidak terlalu muda atau terlalu tua. Setelah akar-akar yang muncul dari bekas sayatan cangkok tersebut cukup banyak maka bibit cangkokan ini sudah dapat dipotong dan ditanam di tempat yang telah disedikan untuk penanaman.

Pembibitan dilakukan dengan menyemai bijinya ditempat persemaian, di dalam pot, atau polybag. Bila bibit sudah mencapai ketinggian 35-50 cm dan telah cukup kuat, bibit-bibit ini sudah dapat ditanam di tempat penanaman. Hasilnya adalah tipe perkecambahan berupa epigeal. Benih tanpa ekstraksi akan membuat persen perkecambahannya rendah karena masih terdapat kulit buah dan hamp buah. Dibutuhkan tiga bulan agar benih selesai berkecambah.

Perisapan lahan setelah mendapatkan bibit hampir sama dengan budidaya tanaman kayu lainnya yaitu dengan membersihkan lahan dari tanaman-tanaman pengganggu. Setelah lahan dibersihkan maka dibuat ajir tanaman, baru kemudian bibit dapat ditanam. Pastikan lahan sudah bersih dari gulma dan tanaman pengganggu lainnya.

Penyiraman dan pemupukan dilakukan secara teratur dan intensif pada awal pertumbuhan angsana. Disarankan agar menggunakan pupuk yang memiliki kandungan nitrogen tingi seperti pupuk NPK. Pada saat tanaman mulai berbunga, maka pupuk yang digunakan adalah pupuk yang mengandung fosfor tinggi. Pupuk dapat menggunakan pupuk organik maupun non-organik, tergantung kebutuhan.

Jika perawatan dan pemeliharaan dilakukan dengan baik maka dapat dipastikan hasil panennya juga akan optimal. Bibit yang digunakan juga tidak boleh sembarang bibit, harus dari bibit unggul yang mempunyai kualitas tinggi sehingga tidak mudah terserang penyakit. Untuk membantu usaha anda, CV MITRA BIBIT menyediakan bibit Angsana berkualitas. Untuk informasi mengenai pemesanan bibit silahkan menghubungi contact person yang tersedia

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

10 comments

August 12, 2012 at 4:59 AM

kembali untuk silaturrahmi sahabatku.. :)
sambil menyimak postingannya..
met berbuka yah..

August 12, 2012 at 11:56 AM

@Lukman Hakim
Wah,, maaf banget telat baca coment nih,,, baru sempat OL. Terima kasih sahabat,, kali ini saya ucapkan met sahur... :)

August 12, 2012 at 1:04 PM

Terus terang bang aku salut banget sama blog abang soalnya aku salah satu penggemar soal tanam-tanaman,jadi aku harus banyak belajar diblog abang..salut.

August 12, 2012 at 2:48 PM

lagi sibuk yah sob.. :)
baik, met sahur juga :)

August 12, 2012 at 3:01 PM

saya baru tahu tuh tanaman angasana sobat...

August 14, 2012 at 8:06 AM

wah...banyak betul informasi tentang tumbuhan disini..terima kasih sudi berkongsi, walaupun kebanyakkan tanaman KY tak mengenali hihi

August 15, 2012 at 1:48 AM

Terimakasih atas postingannya. Selamat menyambut hari raya mohon maaf lahir batin.

August 15, 2012 at 8:13 AM

ga apa-apa sahabatku.
aku jg suka telat,
semoga kita saling mengerti yah sahabatku.. :)

August 18, 2012 at 5:32 AM

Terima kasih share info nya sob... :)
Selamat hari raya idul fitri..
Mohon maaf lahir dan bathin :)

August 18, 2012 at 11:08 AM

mohon maaf lahir bathin dari saya sahabatku..
Taqabbalallaahu minna wa mingkum..
Taqabbal yaa kariim...

Post a Comment