Search

Loading...

Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Buah Pala Yang Berkualitas Ditentukan Oleh Pemilihan Biji Yang Selektif

Pala merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Akibat nilai jualnya yang tinggi sebagai rempah-rempah, buah dan biji pala telah menjadi komoditi perdagangan yang penting di Indonesia. Kita biasa menggunakan bijinya sebagai bumbu masakan. Masakan daging maupun masakan bersantan akan terasa lebih harum dan lezat jika dilengkapi dengan biji pala. Buahnya memiliki aroma yang harum dengan rasa agak asam dan biasanya bisa dibuat manisan serta sirup minuman.selain itu juga berdasarkan penelitian ternyata kini buah pala bermanaat untuk kesehatan terutama untuk menyembuhkan penyakit seperti sulit tidur( insomania), batuk berlendir, membantu pencernaan, menghilangkan kejang otot dan masih banyak lainnya. Namun untuk mendapatkan buah pala yang berkualitas sendiri harus dibutuhkan bibit tanaman yang berkualitas dan bagus juga. Pembibitan pala biasanya melalui biji, untuk itu di perlukan pemilihan biji pala yang berkualitas unggul agar menghasilkan tanaman serta buah yang berkualitas juga. Berikut akan di jelaskan bagaimana cara pemilihan biji pala yang berkualitas :
Pemilihan biji
Perbanyakan dengan biji dapat dilakukan dengan mengecambahkan biji. Dalam hal ini biji yang digunakan dapat berasal dari biji sapuan yaitu biji yang dikumpulkan begitu saja tanpa diketahui secara jelas dan pasti mengenai pohon induknya. Kemudian biji terpilih yaitu biji yang berasal dari pohon induk yang telah diketahi secara jelas. Dalam hal ini ada 3 macam biji terpilih, yaitu:
Biji legitiem, yaitu biji yang diketahui dengan jelas pohon induknya (asal putiknya jelas diketahui)
Biji illegitiem, yaitu biji yang berasal dari tumpang sari yang tidak diketahui, tetapi asal putiknya jelas diketahui.
Biji Propellegitiem, yaitu biji yang berasal dari hasil persilangan dalam satu kebun yang terdiri dua klon atau lebih.
Biji-biji yang akan digunakan sebagai benih harus berasal dari buah pala yang benar-benar telah masak. Buah pala yang bijinya akan digunakan sebagai benih harus berasal dari pohon pala yang mempunyai sifat-sifat seperti pohonnya sudah dewasa dan tumbuh sehat, mampu berproduksi tinggi dan kwalitasnya baik. Setelah biji-biji sudah di pastikan berasal dari pohon induk terpilih kemudian di seleksi juga kualitas dan kondisi biji yaitu pilih biji-biji yang ukurannya besar dengan bobot minimum 50 gram/biji, pilih biji yang bentuknya agak bulat dan simetris, kulit biji berwarna coklat kehitam-hitaman dan mengkilat, kondisi biji tidak terserang oleh hama dan penyakit. Buah pala yang dipetik dari pohon dan akan dijadikan benih harus segera diambil bijinya, paling lambat dalam waktu 24 jam biji-biji tersebut harus sudah disemaikan. Hal ini disebabkan oleh sifat biji pala yang daya berkecambahnya dapat cepat menurun. Setelah biji-biji pala yang akan di gunakan sebagai benih telah terseleksi barulah siapkan penyemaian kemudian barulah tanam benih pala pada lahan yang sudah disediakan.
Dengan pemilihan biji yang berkualitas yang telah terseleksi, dapat dipastikan buah yang dihasilkan nantinya akan menghasilka buah yang bermutu dan bernilai jual tinggi. Itu lah beberapa informasi untuk  pemilihan biji pala yang berkualitas, jika cara di atas di rasa bagi Anda sulit dan merepotkan kami sudah menyediakan biji untuk pembenihan yang telah siap tanam. Tentunya dengan kriteria seperti di atas. Untuk info pemesanan, Anda dapat menghubungi kontak kami atau juga bisa datang langsung ke tempat kami pada alamat yang telah tersedia.

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

11 comments

May 1, 2014 at 12:37 AM

pala manfaatnya byk jg, apalagi diikuti dg tips penanamanya, .

May 1, 2014 at 1:37 AM

oh berarti buah yang berkualitas yang bijinya selektif ya :D

May 1, 2014 at 6:32 AM

benar sekali sob, dengan adanya pemilihan biji yang selektif di harapkan akan mendapat hasil panen yang melimpah juga nantinya dalam proses pertumbuhan sampai ke masa panen.

May 1, 2014 at 6:46 PM

denger-denger buah satu ini bikin ngantuk ya kalau dikonsumsi... :)

May 2, 2014 at 12:28 AM

cara mengolahnya bagaimana ya, maksdnya untuk mengobati insomnia

May 2, 2014 at 5:57 AM

wah kebalikannya malah sob, buah yg satu ini malah bisa Mengatasi gangguan tidur atau insomnia :)

May 3, 2014 at 8:35 PM

saya dari dulu pengin nanem buah pala, belum ada pala di halaman kayaknya belum mantep. tapi ya itu, saya juga taunya makanan pala kalo udah jadi manisan. kalo dimakan langsung enak kali ya?

May 3, 2014 at 8:51 PM

yg belum nanem makannya buruan nanem, jngan tahunya makan aja, ketahui juga cara budidayanya. yg jelas menikmati hasil kebun sendiri itu lebih mantapp :)

May 5, 2014 at 5:54 PM

Maturnuwun mas dah share, Saya palh baru tau ni buah..:(

May 5, 2014 at 5:55 PM

Semakin baik kulitas buah, maka akan semakin banyak hasil panen yg didpat..:)

May 6, 2014 at 5:38 AM

benar mas, jika kualitas sudah maksimal maka hasil yang yg di dapat akan memuaskan.

Post a Comment