Cari

Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Cara Menyambung | Tehnik Menyambung Pada Bibit Alpukat

Proses sambung pucuk bibit alpukat

Cara Menyambung/Tehnik Menyambung Bibit Alpukat 

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar para petani bisa mendapatkan bibit yang unggul, yaitu dengan cara pembibitan dan perbanyakan vegetatif, seperti tehnik sambung,cangkok,dan okulasi. Diantara metode vegetatif tersebut dalam pembibitan alpukat, metode perbanyakan yang paling efektif dan efisien adalah metode Sambung, karena dapat menghasilkan bibit lebih banyak dan berkualitas, serta menghemat biaya dan tenaga, jika dibandingkan dengan metode vegetatif lainnya.

Batang bawah alpukat berasal dari biji
Tanaman alpukat yang berasal dari biji seringkali memiliki sifat yang berbeda dari induknya. Tanaman alpukat dari biji yang berasal dari pohon yang memiliki kualitas tinggi. Pohonnya kokoh dan rindang, serta buahnya yang besar dan daging buahnya yang tebal. Setelah ditanam ternyata buah yang hasilnya rata-rata hanya separuh ukurannya dari buah yang di hasilkan dari indukan aslinya. Maka dari itu, perlu dilakukan proses sambung pucuk pada bibit alpukat.

Ambil Entres atas dari pohon yang telah berkali-kali berbuah dengan kualitas yang bagus. Untuk buah alpukat biasanya dilihat dari ukuran dan ketebalan daging buahnya. Selain itu rasa sari daging buahnya juga perlu di pertimbangkan.
Entes yang dipilih ukurannya tidak boleh lebih besar dari batang bawah.

Entres (batang atas)

Yang perlu dipersiapkan saat penyambungan tanaman alpukat adalah sebagai berikut: 
  1. Entres alpukat (batang atas), berupa tunas alpukat. 
  2. Understock (batang bawah), berupa bibit tanaman alpukat lokal yang berasal dari biji dengan perakaran yang baik dan bebas busuk akar yang di tanam di polybag. 
  3. Pisau steck/cutter. 
  4. Tali plastik, guna untuk mengikat sambung pucuk alpukat. 
  5.  Plastik es bening, guna untuk menutup hasil sambung pucuk alpukat. 







Bibit sudah disambung
Berikut ini cara/tehnik menyambung bibit alpukat, yaitu: 
  1. Pilih batang bawah yang tumbuh dari biji alpukat dan diameternya hampir sama dengan batang atas. Kemudian potong batang bawah kurang lebih 20-25cm dari permukaan tanah , lalu batang bawah di belah sekitar 2,2-5cm. 
  2. Siapkan batang atas (entres), tunas dari pohon indukan alpukat yang sudah di buang daunnya. Kemudian sayat kedua sisi pangkal cabang sepanjang 2-2,5cm, sehingga berbentuk seperti mata kapak. 
  3. Selanjutnya batang atas (entres) di masukkan kedalam belahan batang bawah yang sudah di belah. 
  4. Kemudian ikat atau balut sambungan tadi dengan tali plastik yang sudah di siapkan. 
  5. Lalu sungkup sambungan tersebut dengan menggunakan plastik es bening. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelembaban agar tetap tinggi dan mengurangi penguapan disekitar sambungan. 
  6. Letakkan bibit yang sudah di sambung di tempat yang teduh atau di beri naungan, supaya terhindar dari panasnya matahari langsung. 
  7. Dan sekitar 2 bulan sambungan alpukat sudah berhasil. Sambungan yang berhasil di tandai dengan tumbuhnya tunas baru, dan sambungan yang gagal akan berwarna hitam dan kering. Pada saat ini, plastik sudah bisa dibuka namun plastik pengikat sambungan baru bisa dibuka setelah dua minggu kemudian. 
  8. Dua bulan kemudian bibit sudah bisa dijual.





















































Kata terkait: 
bibit alpukat|jual bibit alpukat|harga bibit alpukat|keunggulan bibit alpukat|cara sambung pucuk bibit alpukat|tehnik sambung pucuk bibit alpukat|panduan tehnik sambung pucuk alpukat|budidaya tanaman alpukat|cara budidaya bibit alpukat|panduan budidaya bibit alpukat|bibit alpukat kendil|bibit alpukat hawai|bibit alpukat wina|bibit alpukat miki|bibit alpukat mentega|bibit alpukat non biji|alpukat raja giri|alpukat pluwang|alpukat aligator

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

Post a Comment

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
Free Page Rank Tool