Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Metode Panen Dan Pasca-Panen Pada Budidaya Cengkeh


Panen merupakan sebuah momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh petani dimanapun. Karena panen merupakan hasil dari jerih payah serta cucuran keringat setelah sekian lama berkutat pada perawatan-perawatan yang tidak mudah agar hasilnya maksimal. Harga pasaran cengkeh yang lumayan dipasaran membuat para petani bergembira dalam pelaksanaan panen cengkeh-nya. Namun, jangan sembarang memanen, karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan panen supaya hasil panenannya sesuai dengan apa yang dibutuhkan pasar. Selain itu jika panen dilakukan secara sembarangan, dikhawatirkan akan member pengaruh buruk pada hasil produksi di musim berikutnya. Dengan kata lain, panen harus dilakukan secara selektif.

Cengkih dapat mulai dipanen mulai umur tanaman 4,5 - 6,5 tahun, untuk memperoleh mutu yang baik bunga cengkih dipetik saat matang petik, yaitu saat kepala bunga kelihatan sudah penuh tetapi belum membuka. Matang petik setiap tanaman umumnya tidak serempak dan pemetikan dapat diulangi setiap 10-14 hari selama 3-4 bulan. Bunga cengkih dipetik per tandan tepat diatas buku daun terakhir. Bunga yang telah dipetik lalu dimasukkan ke dalam keranjang/karung kecil dan dibawa ke tempat pengolahan.

Setelah panen dilakukan, hal berikutnya adalah perlakuan pasca panen yang eliputi sortasi buah, pemerama, pengeringan, dan sortasi keseluruhan. Sortasi buah dilakukan dengan memisahkan bunga dari tangkainya dan tempatkan pada tempat yang berbeda. Pemeraman dilakukan selama 1 hari ini dilakukan untuk memperbaiki warna cengkih menjadi coklat mengkilat. Pengeringan dapat dilakukan dengan mesin pengering yang menggunakan kayu bakar atau bahan bakar minyak.Dapat juga dikeringkan dengan cara alami yaitu pengeringan dengan matahari pada lantai beton agar kadar air menjadi 12-14%, dan dapat disimpan dan aman dari jamur. Sortasi akhir Pada tahap ini cengkih dipisahkan dari kotoran dengan cara ditampi. Kemudian cengkih yang sudah bersih dimasukan pada karung dan dijahit.

Setelah semua langkah tersebut dilakukan, cengkeh siap untuk dipasarkan dan anda siap menuai keuntungannya. Kuantitas serta kualitas hasil panen sangat bergantung pada bibit/benih yang dipakai. Pastikan hanya memakai benih/bibit yang berkualitas . Supaya hasil panen anda lebih maksimal, CV MITRA BIBIT menyediakan Benih dan Bibit berkualitas dengan harga bersaing. Untuk informasi lebih lanjut mengenai bibit dan pemesanan dapat menghubungi kontak yang tersedia.

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

Post a Comment