Search

Loading...

Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 2AD38AED
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Jenis-Jenis Penyakit dan Cara Mengatasinya Pada Tanaman Pala

Jika kita tidak serius, atau asal-asalan dalam melakukan perawatan tanaman pala, pastinya tanaman kesayangan kita tersebut akan rentan terhadap serangan berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Ada beberapa jenis penyakit yang sering menyerang tanaman pala, yaitu kangker batang, belah putih, gugur sebelum tua, rumah laba-laba, busuk buah kering, busuk buah basah, dan gugur buah muda. Penyakit tersebut dapat diatasi dengan cara-cara berikut.

Kanker batang. Gejalanya terjadi pembengkakan pada batang, cabang atau ranting tanaman yang diserang. Pengendaliannya dengan membersihkan kebun dari semak belukar, memangkas bagian yang terserang dan dibakar.
Belah putih. Penyebabnya adalah cendawan coreneum sp. yang dapat menyebabkan buah terbelah. Cara yang paling umum biasanya dengan mennyemprotkan larutan atau cairan anti jamur.

Gugur sebelum tua. Merupakan bercak-bercak kecil berwarna ungu kecoklatan pada bagian kuliat buah. Bercak-bercak tersebut membesar dan berwarna hitam. Dapat ditangani dengan membuat saluran pembuangan air yang baik dan pengasapan dengan belerang di bawah pohon dengan dosis 100 gram/tanaman.
Rumah Laba-Laba. Penyakit ini Menyerang cabang, ranting dan daun. Penyakit ini menyebabkan daun mengering dan kemudian diikuti mengeringnya ranting dan cabang. Paling mudah ditangani dengan memangkas cabang, ranting dan daun yang terserang, kemudian dibakar.

Busuk buah kering. Penyakit ini disebabkan oleh jamur Stignina myristicae yang menyebabkan bercak berwarna coklat, bentuk bulat dan cekung dengan ukuran bercak bervariasi, yakni dari yang berukuran sangat kecil sampai sekitar 3 cm. Pada kulit buah tampak gugusan-gugusan jamur berwarna hijau kehitam-hitaman dan akhirnya bercak-bercak tersebut terjadi kering dan keras. Pengendaliannya dengan mengurangi kelembaban di sekitar tanaman, caranya dengan mengurang kerimbunan pohon-pohon lain di sekitar pala dengan memangkas sebagian cabang-cabangnya yang berdaun rimbun, kemudian tanah di sekitar pohon dibersihkan, tidak terdapat gulma atau tanaman-tanaman perdu lainnya. Kemudian buah pala dan daun yang terserang penyakit ini segera dipetik dan dipendam dalam tanah. Dapat dilakukan dengan penyemprotan fungisida secara yang rutin, yakni 2–4 minggu sekali, baik pada saat ada serangan maupun tidak ada serangan dari penyakit ini, fungsida yang dapat digunakan adalah yang mengandung bahan aktif mancozeb, karbendazim dan benomi.

Busuk buah basah. Penyakit ini disebabkan oleh jamur Collectotrichum gloeosporiodes, yang menyerang atau menginfeksi buah yang luka. Akibat dari serangan tersebut, buah pala tampak busuk dengan warna coklat yang sifatnya lunak dan basah pada sekitar tangkai buah yang melekat pada buah sehingga buah mudah gugur. Cara mengatasinya sama dengan penyakit busuk buah kering diatas.

Gugur buah muda. Gejalanya adalah adanya buah muda yang gugur, penyebabnya belum diketahui secara pasti. Cara mengatasinya dengan memadukan antara pemupukan dan pemberian fungisida.

Guna mencegah serangan-serangan penyakit yang merugikan ini, bibitnya haruslah mempunyai mutu yang berkualitas. Karena jika menggunakan bibit yang asal-asalan maka hama dan penyakit tanaman akan mudah menjangkiti tanaman kita. Maka dari itu, CV MITRA BIBIT berusaha memahami anda dengan menyediakan bibit dan biji yang berkualitas. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pemesanan bibit dan biji dapat menghubungi kontak yang tersedia.

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

1 comment

May 12, 2013 at 8:28 AM

AssalamuailaQum. . Mau nanya ni gan, kalau penyakit yg terjadi pada buah pala seperti gugur buah mudah,gurgur buah basah.yang diikuti dengan keguguran daun,itupun terjadi pada bulan april hingga mei yg biasanya masyarakat Banda Naira mengistilaka(OMBONG MEI) itu bagaimana cara mengatasinya jika hal yang diatas tidak berhasil. !
Makasi. .
Wasalam. . .

Post a Comment