Search

Loading...

Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Biji Mahoni Berkualitas Berasal dari Penyortiran yang Tepat


Seperti pada artikel sebelumnya yang telah kami buat yaitu Saat yang tepat untuk panen Biji Mahoni - Stock Melimpah, dalam memperoleh biji Mahoni berkualitas dan unggulan perlu adanya penyeleksian yang ketat. Artikel sebelumnya juga sudah pernah kami bahas tentang ciri-ciri biji mahoni yang berkualitas. Tentunya dalam penyeleksian biji tidak terlepas dari ukuran standar baik dari segi bentuk, warna serta ketahanan biji terhadap parasit. Dalam usaha pembudidayaan biji dan bibit yang kami kelola, mutu dan kualitas adalah hal yang paling utama. Petani yang kami pekerjakan dalam usaha budidaya biji dan bibit tanaman pun kami latih untuk lebih selektif dalam menjaga kualitas biji dan bibit tanaman.

Untuk menjaga kualitas biji mahoni yang kami sediakan, kami selalu melakukan penyortian/penyeleksian dan pemilihan biji dengan cara manual. Dalam penyortiran biji Mahoni ada beberapa cara yang  kami lakukan. Pertama,  penyortiran dengan menggunakan kipas angirn tornado berukuran besar. Pada gambar terlihat proses penyortiran biji Mahoni yang dilakukan oleh 2 orang, dengan peralatan kipas angis sebanyak 3 buah, tampah, terpal dan berbekal penglihatan yang jeli dalam menyeleksi biji yang berkualitas baik dan kurang baik. Salah seorang, ada yang mengayak tampah berisi biji Mahoni dari atas kipas angin kemudian di jatuhkan biji secara perlahan tepat dari atas kebawah kipas angin. Nantinya biji yang berisi dan yang tidak akan terlihat, biji yang tidak jatuh tepat dibawah kipas angin menandakan biji tersebut gabug atau kosong tidak ada isinya. Biji yang gabug nantinya akan memisah sendiri ke tepi terpal. Sedangkan biji yang berisi akan jatuh tepat di bawah kipas angin, namun penyeleksian tidak sampai disini saja. Kadang meskipun biji berisi, namun tidak semua biji memiliki warna kulit ari yang sama dengan standar kualitas atau yang diharapkan. Kadang ada biji yang bagian kulit arinya berwarna hitam, hitamnya kulit ari dari biji Mahoni menandakan biji sudah busuk atau dengan kata lain biji tidak layak pakai. Nah, untuk itu ada salah seorang lainnya dalam kegiatan penyortiran di gambar yang bertugas memisahkan biji berwarna hitam untuk di pisahkan, agar nantinya tidak tercampur dengan biji berkualitas baik.

Cara kedua adalah dengan pengayakan biji secara manual tanpa menggunakan kipas, alat yang dibutuhkan pun hanya tampah dan penglihatan yang jeli dalam penyeleksian. Pada gambar terlihat, salah seorang sedang menyeleksi biji Mahoni secara langsung untuk memisahkan biji dengan kualitas baik dan kurang baik. Sama seperti proses penyeleksian sebelumnya biji yang kulit arinya berwarna hitam juga dipisakahan dari biji Mahoni yang berwarna coklat tua.
Setelah semua biji yang terseleksi telah terkumpul, kemudian biji dimasukkan ke dalam karung dan di simpan di tempat dengan suhu dan ruangan yang kering atau tidak lembab untuk menghidari jamur. Diatas telah dijelaskan bagaimana untuk mendapatkan biji Mahoni yang benar-benar berkualitas ada cara dan triknya sendiri dan itu sudah menjadi standar kami dalam menyediakan biji Mahoni yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan pasar.

Jika Anda ingin melakukan pemesanan dalam partai kecil, kami juga sudah menyediakan paket dalam ukuran 1kg. Semakin banyak pemesanan, tentu saja akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Jangan khawatir, stock kami cukup banyak, tinggal hubungi saja kami jika Anda ingin melakukan pemesanan. Berapapun jumlahnya, kami akan selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

3 comments

September 19, 2014 at 1:26 AM

Dengan penyeleksian yang ketat, maka akan dihasilkan bibit atau biji yang berkualitas ya sob.. Semoga makin sukses ...

September 19, 2014 at 4:30 AM

wah ternyata harus diseleksi ya mas biji mahoni nya agar tidak campur antara biji yang baik dan yang jelek, mantap nih tips nya ;)

September 19, 2014 at 5:15 AM

Mang Yono@ bener banget, ngak mungkin kan bibit dan biji bisa bagus kualitasnya kalau tanpa penyeleksian yang benar2 ketat,..
amin, mkasih atas kunjungannya sob..

Eka@ Iya, semoga bermanfaat buat mba eka kalau2 ada niatan mau beli biji, jadi bisa tau mana biji kualitas baik dan mana yang kualitas buruk :)

Post a Comment