Cari

Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Cara Budidaya Tanaman Cendana

Cendana, atau cendana wangi, merupakan pohon penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya sering digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aromaterapi, campuran parfum, serta sangkur keris. Kayu yang baik bisa menyimpan aromanya selama berabad-abad.

kayu cendana wangi kini sangat langka dan harganya sangat mahal. Harganya yang mahal cocok untuk prospek usaha Anda kedepan. Secara umum, Cendana dapat ditanam dan tumbuh baik pada tanah dengan lahan yang berbatu-batu dan kurus, serta memiliki tekstur lempung, dengan lsolum tipis-dalam, keasaman atau pH netral hingga alkalis, dan juga harus perairan yang baik. Untuk curah hujan sekitar 600-200 mm.tahun dengan suhun 10 hingga 35 derajat C. Untuk ketinggianya, Cendana dapat ditanam dari ketinggian 0 hingga 1200 meter. Untuk teknik budidaya Cendana sebenarnya tidak terlalu sulit. Kondisi lahan di atas mudah ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia.Untuk cara budidaya Cendana agar tumbuh optimal, sebagai berikut :

Pemilihan Bibit
Sama seperti lainnya yang ditanam dari biji, untuk mendapatkan tanaman yang berkualitas langkah awal yang dilakukan adalah pemilihan bibit biji yang bagus. Caranya adalah dengan merendam biji selama 2 malam atau 48 jam dengan air. Ciri-ciri biji yang bagus dan berkualitas baik adalah bijinya  tenggelam ke dalam air. sedangkan biji yang terapung memiliki kualitas kurang baik. Pilihlah biji yang tenggelam saja untuk ditanam agar hasilnya maksimal.

Penyemaian 
Penyemaian dilakukan untuk mendapatkan bibit tanaman yang bagus, karena nantinya akan menentukan hasil tanaman setelah dewasa pada lapangan atau hutan untuk penanaman benih cendana tersebut. Yang harus dilakukan dalam penyemaian ini adalah : Siapkan tanah hitam yang telah di gemburkan, taburkan biji yang telah direndam dan telah disortir yang berkualitas baiak di atas semaian yang telah disiram sebelumnya secara rata. Kemudian taburkan sedikit tanah hitam namun jangan sampai menutupi seluruh biji. Agar proses percambahan semakin cepat siram biji ysng disemaikan setiap pagi dan sore. selanjutnya siapkan polibag kecil isi dengan tanah hitam. Jika biji yang disemaikan telah pecah dan mengeluarkan tunas kecil segera pindahkan ke dalam polybag.
Setelah bibit tumbuh setinggi 15 cm pindahkan bibit kedalam tempat tanam. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
• Tentukan  lokasi lahan, pilih lokasi lahan yang cukup air, artinya jangan lahan yang kering karena lahan kering pohon cendana tidak dapat tumbuh dengan baik.
• Bersihkan lahan dari rumput liar atau tanaman liar, potong pohon yang menghalangi sinar matahari, kemudian gemburkan media tanam terlebih dahulu.
• Gali lubang dengan ukuran 40x40cm dengan kedalaman 50cm. jarak lubang tanam minimal 2,5m.
• Masukkan pupuk kandang / pupuk organik kedalam lubang dengan ketebalan 10cm kemudian masukkan bibit pohon cendana yang sudah disiapkan, tutup lubang galian dengan tanah kembali dan sisakan 5cm ( untuk menampung air agar tidak melebar keluar).
• Kemudian tancapkan ajir sebagai penanda.
Waktu penanaman sebaiknya sore hari.

Penyiraman
Penyiraman di lakukan sehari 2 kali yaitu pagi dan sore hari. Cendana tidak membutuhkan banyak air penyiraman cukup sebanyak 800 cc atau 3-4 gelas air setiap batang tanaman.

Penyiangan
Penyiangan merupakan kegiatan membersihkan tanaman cendana dari gangguan gulma agar tanaman cendana tidak tersaingi dalam penyerapan unsur hara. Penyiangan dilakukan 2 kali dalam setahun atau disesuaikan dengan keadaan pertumbuhan gulma. Penyiangan biasanya dilakukan pagi hari dengan membersihkan rumput atau alang-alang, yang mengganggu pertumbuhan tanaman cendana.

Pemupukan
Pemupukan dilakukan 2 kali sehari saat awal musim hujan dan akhir musin hujan. Pupuk dasar saat cendana di tanam adalah campuran antara pupuk kandang dengan urea (500 g pupuk kandang dan 5 g urea/lubang). Langkah dalam memberi pupuk adalah gali lubang sedalam 35 cm, buat lubang melingkar letakkan tanah galian di sekitar lubang lalu masukan pupuk   yang telah di campur tadi kedalam lubang, timbun kembali tanah yang di gali tadi, lalu padatkan tanah tersebut.

Pemangkasan
Pemangkasan dilakukan dengan mengurangi cabang-cabang yang tumbuh berlebih, ini bertujuan agar  dapat meningkatkan kualitas batang pohon yang bagus dan tanaman inang tidak menggangu pertumbuhan tanaman cendana, serta memicu tumbuhnya tunas baru. Caranya pangkas cabang tanaman yang sudah tua dengan menggunak golok atau gergaji.

Tanaman cendana dapat menjadi prospek usaha Anda yang menguntungkan. Tertarik untuk membudidayakannya? Hubungi kontak kami untuk pemesanan bibit cendana.

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

11 comments

December 4, 2013 at 11:39 PM

Wahhh Keren Nih Pak Informasinya sungguh sangatt Bermanfaatt :) dan jujur saya aru tahu Kalo Pohon Cendana ini Bisa digunakan untuk Aroma Therapy :D makasii yah atas infonya

December 5, 2013 at 7:10 AM

Iya katanya sih begitu bahwa pohon cendana ini bau nya harum alias wangi. Kok bisa ya mas bau nya wangi getu hmmm :)
Saya sendiri belum pernah nich melihat pohonya secara langsung. Hanya bisa lihat gambar nya aja disini hehehe :D

Anonymous
December 25, 2013 at 7:50 PM

apakah di kebumen sudah ada yang beli daun dan kayu cendana. di mana ? trims

December 27, 2013 at 9:23 PM

@Ainnul YaqinSelain untuk aroma teraphy, dapat juga sebagai bahan minyak wangi..

December 27, 2013 at 9:24 PM

@Cara RirinMain aja kmari kalau mau lht scra langsung, mumpung banjir udah surut.. :D

December 27, 2013 at 9:24 PM

@AnonymousMohon maaf pak, kami kurang tahu. Kami hanya menyediakan bibitnya saja.

February 28, 2014 at 10:22 PM

numpang tanya gan,, apa cendana, gaharu, dan damar itu masih satu family,,,

March 13, 2014 at 8:32 AM

@Daya FirmanaCendana eyangnya, gaharu bapaknya dan damar itu anaknya.... :D

May 24, 2014 at 5:45 PM

wah mantap sekali artikel kayanya saya mulai tertarik nih bantu info nya yah? tks

Anonymous
October 31, 2014 at 10:06 PM

Berapa pak harga bibit nya?

November 1, 2014 at 9:20 AM

@AnonymousBerhubung harga tidak kami cantumkan mengingatharag bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi, jadi
Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman lebih lanjut Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 2AD38AED
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Terima kasih,
Salam Sukses.

Post a Comment