Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Pemeliharaan Bibit Lada Guna Menjaga Kualitasnya


Bibit lada unggulan dan berkualitas
Pemeliharaan bibit selama dalam proses pembudidayaan penting dilakukan mengingat bibit pada kondisi yang masih muda sangat labil akan kondisi lingkungan luar. Selain itu pemeliharaan dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada bibit, karena nantinya setelah bibit sudah berumur 3 bulan lebih, bibit benar-benar siap untuk dilepas dan siap di kirim. Tentu dalam pembudidayaannya kami akan memelihara benar bibit yang kami budidayakan, agar tidak mengecewakan pembeli nantinya saat pemesanan dan pengiriman bibit. Seperti pada bibit Lada yang sedang kami budidayakan saat ini, bibit Lada yang telah over sack harus diganti polybagnya dengan polybag yang berukuran lebih besar lagi. Ciri-ciri dari bibit yang telah over sack adalah daun bibit Lada terlalu rimbun tak beraturan, batang bibit Lada mulai bengkok karena kelebihan beban daun, dan akarnya mulai keluar dari media tumbuh (polybag) karena kekurangan tempat untuk tumbuh. Adapun tujuan dari pergantian polybag ini, agar batang tanaman dapat  tumbuh lebih kuat, batang tumbuh kekar, daun rimbun, dan akar tanaman bisa tumbuh lebih lebat lagi. Jika pergantian polybag tidak dilakukan selama bibit belum dilepas ke lahan pembesaran, di khawatirkan bibit akan mudah layu, pertumbuhan tidak optimal, dan lama kelamaan bibit akan mati. Terlihat pada gambar, bibit Lada yang kami budidayakan sedang dalam proses pergantian polybag dari ukuran kecil ke ukuran polybag lebih besar.
Proses penggantian polybag

Adapun yang harus diperhatikan saat proses pergantian polybagnya adalah sebagai berikut:

  1. Dalam penggantian polybag, bibit jangan langsung di cabut atau ditarik dari polybag asal, karena dikhawatirkan akan merusak akar bibit Lada yang sudah terbentuk rapi. Jadi polybag asal harus di sobek terlebih dahulu barulah bibit di keluarkan dari polybag asal, untuk kemudian dipindahkan ke polybag lebih besar. 
  2. Komposisi dan penambahan media tanam juga harus seimbang, artinya pencampuran antara tanah dengan pupuk harus pas takarannya. Untuk perbandingan media tanam antara tanah dengan pupuk organik adalah (2:1). Disini pupuk organik yang kami pakai adalah pupuk kandang, selain bahannya yang mudah di dapat, pengaruh terhadap bibit nantinya juga sangat baik karena tidak ada bahan atau zat kimia yang terkandung dalam pupuk.
  3. Perhatikan juga untuk penempatan dan pengaturan bibit kedalam polybag yang baru, tentu ada teknik tersendiri dalam penempatan bibit seperti yang kami lakukan ini: pada dasar polybag isikan tanah terlebih dahulu dengan takaran setengah dari ukuran polybag, kemudian letakan bibit yang telah dikeluarkan dari polybag asal tadi kedalam polybag baru, kemudian timpa dengan menggunakan pupuk kandang sebanyak seperempat dari polybag, selanjutnya timpa lagi dengan tanah sampai penuh. Tekan – tekan bagian tanah di sekeliling bibit agar tampak padat dan rapi. Tanah yang padat juga membantu bibit tumbuh dengan kuat dan tidak mudah patah batangnya.
Tidak sulit untuk mengganti polybag kecil ke polybag besar, hanya saja dibutuhkan ketekunan dan ketelitian agar selama proses pergantian polybag bibit yang dipindahkan tidak mengalami kerusakan, dan nantinya pada saat pengiriman ke pembeli dapat sampai dengan baik serta memuaskan.

Untuk menghasilkan panen Lada berkualitas serta melimpah dibutuhkan bibit yang berkualitas juga. Ini bukan hanya slogan namun sudah terbukti kebenarannya, terbukti beberapa petani Lada yang memesan bibit Ladanya kepada kami, untuk kemudian dibudidayakan pada lahan pembesaran. Ketika panen tiba, Lada yang dihasilkan pun melimpah dan berkualitas.

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

14 comments

October 29, 2014 at 7:08 AM

info cara pemeliharaan bibitnya bermanfaat


adem juga kalau berkunjung ke sini..!,,..sejuk....:)

October 29, 2014 at 7:08 AM

untuk penanaman bibit ladanya apa ada musimnya? trus untuk lingkungannya sendiri yang cocoknya di tanam di daerah mana ya

October 29, 2014 at 9:25 AM

Kualitas yang baik, terutama bibit Lada ternyata sangat di tentukan oleh cara pemeliharaan yang baik dan terukur rupanya ya.
saya sharekan nih kang

October 30, 2014 at 2:42 AM

Musim tanam lada itu bagusnya bulan apa ya Min. Terus suhu/daerah yang cocok untuk menanam lada itu yang bagaimana?.

October 31, 2014 at 8:16 AM

@Achmad Fazriada sob lada paling baik jika ditanam saat musim penghujan, untuk daerah yang baik dan cocok ditanami lada adalh daerah dataran rendah dan sedang.

Terima kasih atas kunjungannya :)
Salam sukses.

October 31, 2014 at 8:20 AM

@Mang Lembuiya bener banget mang, bibit menentukan hasil akhir tanaman alias panennya.
monggo monggo mang, Makasih udah berkunjung ke blog ane :)

Salam sukses.

November 22, 2014 at 8:38 PM

wah subur sekali sayurannya.....

November 24, 2014 at 7:51 PM

@paridahIya benar, berkat kejelian dan kesabaran kami Alhamdulillah bibit Lada yang kami budidayakan tumbuh subur :)

January 1, 2015 at 3:47 AM

Alamat nya dimana
mau skalian beli bibit lada

January 1, 2015 at 11:23 PM

bibit lada per batang nya di jual harga brapa pak
mohon info nya
kami ingin membudayakan Lada

January 6, 2015 at 5:55 PM

@tiyas andrianiMohon maaf harga bibit tidak bisa kami cantumkan dalam blog, karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan musim dan jumlah.
Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 2AD38AED

Terima Kasih.
Salam Sukses.

January 22, 2015 at 8:06 PM

terimaksih cara pemilihan bibitnya bermanfaat :)

September 28, 2015 at 9:32 PM

infonya sangat bermanfaat. mohon informasi pohon yang biasa dipakai sebagai rambatan bibit mrica pohon apa saja ya?

November 14, 2015 at 12:42 AM

bagus infonya , selain itu sangat mendidik buat para petani dan dapat di contoh oleh masyarakat

Post a Comment