Search

Loading...

Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 2AD38AED
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Cara Budidaya Tanaman Cengkeh

PERSIAPAN LAHAN
Pertama kali, tanah di lokasi tanam harus dicangkul/digemburkan dan dibersihkan dari rumput ataupun gulma penganggu tanaman.  Kemudian buat lubang tanam dengan ukuran 70 x 70 x 70 cm, apabila ingin menggunakan peneduh alami sebaiknya di taham 1 tahun sebelum penanaman cengkeh.
Pembuatan lubang tanam sebaiknya dilakukan sejak bulan Juli-September, dan penutupan dilakukan pada bulan Oktober. Hal ini dilakukan agar tanah galian dan lubang tanam mendapat panas dalam waktu yang cukup lama, sehingga bebas jamurakar dan penyakit lain. Penutupan lubang dilakukan dengan mencampur pupuk kandang yang telah jadi kompos kira kira setengah karung serta TSP dengan tanah galian pada tiap lubang tanam. Penutupan sebaiknya agak meninggi dari permukaan lahan, dan biarkan selama 1 bulan. Buat lubang kecil sebesar polibag bibit cengkeh.Sebelum penanaman sebaiknya lubang tanam sebaiknya di semprot dengan insektisida ataupun obat obatan anti rayap lainya.

Cara penanaman:
-Penanaman dilakukan dengan membuka polibag bibit cengkeh,
-Masukan bibit cenngkeh kedalam lubang penanaman,tanam dengan tegak,
-Padatkan secara perlahan dekat pangkal bibit cengkeh.
-Siram tanah disekeliling tanaman hingga lembab
-Tancapkan 2 ajir di kanan dan kiri tanaman, pasang lintangan pendek dari bambu untuk menjepit tanaman, ikat pada kedua ajit disampingnya, ini dilakukan agar tanaman tegak dan tidak roboh.
-Buat peneduh dari anyaman dari anyaman bambu di atasnya setinggi 1 m atau lebih sesuai bibit tanaman
Setelah ditanam cengkeh harus dipupuk secara teratur, baik menggunakan pupuk kandang ataupun pupuk buatan. Sehingga cengkeh dapat tumbuh dengan subur.pemupukan sebaiknya dilakukan 2x setahun,

PEMELIHARAAN CENGKEH
Pemeliharaan cengkeh pada 4 tahun pertama atau pada masa kritis pertama harus benar benar intensif. Setelah 3 bulan tanah berjarak 20 cm dari tanaman harus digemburkan dan dibersihkan rumput dan gulma penganggu. Kemudian diikuti dengan pemberian pupuk sekitar 30 gram tiap pohon dan siram secukupnya. Penggemburan berikutnya dilakukan pada awal musim hujan berikutnya dan dilakukan pemupukan ke2 dengan 3o gram npk. Apabila tanaman sudah menyentuh peneduh sebaiknya dilakukan pininggian dan perbaikan peneduh. Ketika musim kemarau tiba persiapkan mulch dari batang pisang yang dibelah jadi 2 dan taruh di sekeliling tanaman dengan rapat. Hal ini dimaksudkan agar tanah tetap dingin dan mengurangi penguapan. Bila kelembaban tanah mulai berkurang tanaman harus disiram menggunakan pompa air, siram benar benar basah supaya awet . setelah musim hujan tiba buka mulch dan jadikan kompos. Buka peneduh agar mendapat sinar matahari yang cukup,  lakukan penggemburan tanah dan pemupukan tanaman kembali, perlakukan yang sama hingga cengkeh berumur 4 tahun.

PERAWATAN CENGKEH DEWASA
Perawatan pada cengkeh yang sudah dewasa diutamakan pada penggemburan tanah, penyiangan gulma penganggu tanaman dan pemupukan. Penggemburan tanah dilakukan supaya peresapan zat zat hara yang dibutuhkan tanaman menjadi lancer, sirkulasi udara tanah dan peresapan air menjadi baik. Dengan pencangkulan akah sebagian ada yang terputus , tetapi akan cepat tumbuh kembali dan bertambah , sehingga makin cepat menyerap makanan yang akan mempercepat pertumbuhan daun dan cabang.
Penggemburan tanah dilakukan 30 cm diluar tanaman agar tidak melukai akar yang besar, tetapi pencangkulan tidak boleh terlalu sering dilakukan. Pencangkulan sebaiknya dilakukan pada awal musim penghujan sebelum dilakukan pemupukan dan sebelum musim kemarau.

PERBAIKAN TANAMAN SETELAH PANEN
Setelah panen biasanya tanaman cengkeh kelihatan lesu dan merana, maka perlu dilakukan perbaikan tanaman. Perbaikan tanaman yang kurang sehat dapat dilakukan dengan penggemburan tanah, pengaturan drainase,  ataupun pembuangan cabang air serta pemupukan. 
Apabila tanaman cengkeh kelihatan merana, daunya jarang dan cabangnya mulai kering, dan apabila tanaman yang seperti itu digali ternyata akar bagian bawah membusuk ,berarti tanaman tersebut telah menembus tanah lempung atau lapisan tanah yang berair.
Untuk menolong cengkeh yang merana perlu dilakukan pengaturan drainase yaitu dengan membuat parit memanjang pada tiap sela baris tanaman. Lebar parit kurang lebih 60 cm dengan dam 1,2 m sampai bagian bawah. Dengan demikian air akan lancer dan tidak tertampung di dekat tanaman cengkeh.
Pembuangan  cabang air, cabang air biasanya tumbuh pada batang utama atau pada cabangnya dan sifatnya menjulang ke atas dengan cepatdan mengalahkan cabang tanaman. Cabang ini biasanya kalau sudah tinggi melentur kebawah, dan apabila terkena angin akan mudah patah. Tunas air dapat berbunga, tetapi sedikit dan mengurangi bunga pada cabang yang lain. Sehingga cabang ini sebaikna dipotong. Pemotongan juga dilakukan pada cabang yang kering. Cara pemotonganya harus merapat pada batang atau cabang utama dan jangan sampai melukai cabang utama

PEMBERANTASAN HAMA DAN PENYAKIT


PUCUK BUSUK
Pucuk biasanya terjadi pada tanaman masih muda yang dikarenakan luka pada tanaman. Pucuk busuk harus segera dipotong dan semprotkan fungisida

PENGGEREK BARANG
Hama ini biasanya menyerang cengkeh yang sudah berumur sekitar 7 tahun keatas, biasanya setelah pohon mulai berbunga. Cirinya cengkeh mengeluarkan cairan kotor . pohon cengkeh bisa mati karena serangan ini, Karena penyaluran zat hara dan air dapat terganggu. Pemberantasanya degan memasukan insektisida kedalam lubang dan menutup rapat dengan pasak bambu untuk mematikan hama penggerek didalam lubang.

RAYAP
Rayap biasanya menyerang pada tanaman cengkeh muda baru ditanam dan tanaman cengkeh yang kurang sehat..cara mengatasinya sebelum menanam diberi insektisida ataupun obat rayap lainya. Rayap biasanya menyerang kulit akar sampai leher akar apabila menyerang tanaman yang kurang sehat, taburkan furaden dibawahnya sampai tanaman pulih kembali…


Selamat mencoba, terimakasih

Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

8 comments

November 5, 2012 at 6:13 PM

Cengkeh memang mantabh.. Kunjungi Posting tentang Cengkeh juga dari kami Definisi Cengkeh Beserta Manfaatnya

November 18, 2012 at 4:44 AM

@Ngambarsari Dunia Maya
Terima kasih atas kunjungannya sahabat..., tunggu saja kunjungan baliknya...

January 28, 2013 at 2:47 AM

Salam tani pak trimakasih atas info tentang cara mengetauwi ph dalam tanah bertahuntahu kami bertani baru kaliini kami mengetauwi mengukur ph dalam tanah

waone wawoenk
October 16, 2014 at 11:18 PM

trimakasih gan atas wawasanya....

October 17, 2014 at 6:39 AM

@waone wawoenkSama - sama sob, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat :) makasih atas kunjungannya
Salam Sukses.

November 8, 2014 at 11:17 AM

mas ginana caranya agar cengkehsaya sayang ingin produksi sendiri.......

November 21, 2014 at 3:45 AM

keren min, saya juga lagi mau nyoba budi daya bibit cegkeh buat investasi masa depan.

November 21, 2014 at 6:38 PM

@Zenaloke, sukses kang buat investasinya :D, semoga dapat keuntungan yang melimpah.

Salam Sukses

Post a Comment