Cari

Kontak Kami

Untuk Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman Silakan Hubungi
HP/WA:
0852-2848-4369
PIN BB: 5E7B82B4
Email: Pengelola@MitraBibit.com

Alamat:

Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,
Kec. Kemiri,
Kab. Purworejo, Jateng

Segera pesan biji atau bibit tanaman disini, dan dapatkan harga yang kompetitif dari kami.

Partner

Sahabat Mitra Bibit

Potensi Budidaya Tanaman Nyamplung

Tahukah Anda tentang tanaman nyamplung? Dari namanya saja sudah unik, apalagi karakteristik dan manfaat budidaya tanaman Nyamplung pasti akan unik dan menarik juga jika tanaman ini di budidayakan. Tanaman nyamplung dapat tumbuh dengan baik di daerah pantai sampai dengan dataran tinggi (500 m dpl) dengan struktur tanah mengandung pasir (dengan kadar minimum s.d. maksimum) dan mengandung humus. Penyebaran tanaman nyamplung secara alami dibantu oleh aliran air dan kelelawar. Keunggulan dari budidaya tanaman Nyamplung ini adalah tanaman nyamplung dapat tumbuh dan tersebar merata secara alami di Indonesia, regenerasinya mudah dan dapat berbuah sepanjang tahun ini menunjukan bahwa daya survivalnya tinggi terhadap lingkungan, tanamannya relatif mudah dibudidayakan baik tanaman sejenis (monoculture) atau hutan campuran (mixed forest), tegaknya hutan nyamplung berfungsi sebagai pemecah angin (wind breaker) untuk tanaman pertanian dan konserfasi sempadan pantai, pohonnya dapat sebagai penahan angin dan abrasi laut, tidak berkompetisi dengan tanaman pangan, pemanfaatan biofuel nyamplung dapat menekan laju penebangan pohon hutan sebagai kayu bakar, produktifitas biji lebih tinggi dibandingkan jenis lain (Jarak pagar 5 Ton/Ha; sawit 6 Ton/Ha; nyamplung 20 Ton/Ha), hampir seluruh bagian tanaman nyamplung berdayaguna dan menghasilkan bermacam produk yang memiliki nilai ekonomi. Selain keunggulan di atas ada juga beberapa manfaat yang dapat di peroleh jika membudidayakan tanaman Nyamplung yaitu kayunya termasuk kayu komersial, sehingga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan perahu, balok, tiang, papan lantai dan papan pada bangunan perumahan dan bahan konstruksi ringan.
Getahnya dapat disadap untuk mendapatkan minyak yang diindikasikan berkhasiat untuk menekan pertumbuhan virus HIV. Daunnya mengandung senyawa costatolide-a, saponin, dan acid-acid hydrocyanic yang berkhasiat sebagai obat oles untuk sakit encok. Bahan kosmetik untuk perawatan kulit, penyembuhan luka, seperti luka bakar dan luka potong .
Bijinya setelah diolah menjadi minyak bermanfaat untuk plitur, minyak rambut, minyak urut, berkhasiat juga untuk obat urus-urus dan rematik.
Bunganya dapat digunakan sebagai campuran untuk mengharumkan minyak rambut. Dengan berbagai potensi keunggulannya, Nyampung merupakan tanaman yang memberikan multifungsi dan manfaat kepada manusia diantaranya adalah sebagai tanaman rehabilitasi hutan dan lahan, dan alternatif biofuel, serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat. Itu lah mengapa sebabnya jika Anda membudidayakan tanaman Nyamplung ini Anda akan memperoleh banyak keuntungan dan penghasilan yang menggiurkan mengingat banyak sekali manfaat yang dapat di peroleh dari budidaya Nyamplung ini. Tertarik untuk budidaya tanaman Nyamplung? Sedang mencari bibit Nyamplung yang berkualitas? Kami menyediakan bibit dan biji Nyamplung yang siap tanam dan dijamin bibit yang kami punya berkualitas unggul.


Jual Biji dan Bibit Tanaman Berkualitas

Maaf sebelumnya, kami tidak mencantumkan harga Biji dan Bibit tanaman karena harga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Harga juga dipengaruhi dari besar kecilnya bibit yang akan Anda pesan. Tentunya pemesanan dalam skala besar akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari kami. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda dapat menghubungi kami atau dapat langsung datang ke alamat kami. Terima kasih...

2 comments

September 3, 2014 at 2:51 AM

wah makin banyak aja ya tanaman di indonesia yang bisa di budidayakan :)

September 3, 2014 at 8:27 PM

iya benar mba Eka, tanpa kita sadari Indonesia kaya akan tanaman yang bermanfaat dan punya nilai investasi yang bagus juga :)

Post a Comment